Wujudkan Indonesia Maju di Tahun 2045, Sri Mulyani Lihat Potensi di Industri Halal

- 8 April 2021, 18:55 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. /Instagram.com/@smindrawati

PIKIRAN RAKYAT – Di tengah tekanan perekonomian di seluruh dunia akibat pandemi Covid-19, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai bahwa industri halal masih mampu mencatatkan kinerja positif.

Industri halal tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 3,2 persen atau lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi dunia pada 2019 sebelum pandemi, yaitu 2,3 persen.

“Secara global, pengeluaran untuk produk-produk halal tahun 2019 sebelum Covid-19 terjadi, terutama untuk produk makanan, farmasi, kosmetik, fashion juga travel secara global mencapai 2,02 triliun dolar Amerika Serikat,” kata Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, data tersebut menggambarkan potensi pasar produk halal yang diminati banyak konsumen seluruh dunia.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 9 April 2021: Aries, Taurus, dan Gemini, Seseorang Menyukaimu Diam-diam

Baca Juga: Pemprov Jawa Barat Proyeksikan 3 Juta Serapan Tenaga Kerja di Tahun 2023

Indonesia sebagai negara anggota G20 dan memiliki banyak penduduk muslim bisa melihat potensi ini untuk mengembangkan industri-industri yang mampu memenuhi keinginan dalam negeri maupun bagi pasar global.

Ia menyambut baik adanya program kolaborasi lintas sektor yang mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Program kolaborasi lintas sektor sebagai upaya mewujudkan Indonesia Maju sebagai pusat ekonomi syariah dunia dengan memperkuat ekosistem industri halal di Indonesia.

Baca Juga: Carsgloss Siap Luncurkan Helm Premium di Tahun 2022

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X