Ketum PKB Gus Ami Harap Jokowi Naikkan Anggaran Kesehatan di Pesantren

- 8 April 2021, 17:10 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta porsi kredit UMKM ditingkatkan hingga mencapai 30 persen di tahun 2024 /Dok.BPMI Setpres

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar mengharapkan Presiden Joko Widodo memberikan perhatian terhadap penganggaran kesehatan di pesantren.

Saat ini, anggaran kesehatan untuk pesantren disebutnya terkendala, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Harapan kami, Presiden beri perhatian sungguh-sungguh soal kesehatan para santri di berbagai pelosok. Lima tahun lalu ada anggaran khusus kesehatan pesantren, tapi terakhir mengalami hambatan, mungkin APBN. Tapi, kami berharap anggaran kesehatan pesantren ini semakin meningkat,” katanya saat membuka Musyawarah Kerja Nasional dan Musyawarah Nasional Alim Ulama PKB di Istana Negara, Kamis 8 April 2021. Pembukaan Munas PKB itu dihadiri juga oleh Jokowi.

Pria yang kerap disebut “Gus Ami” ini mengatakan, berbagai pesantren kini menghadapi tantangan yang tidak mudah, khususnya di masa pandemi. Namun banyak pesantren yang masih tetap menyelenggarakan pendidikannya.

Baca Juga: Produk Keuangan Syariah Tengah Digandrungi Masyarakat, Ma’ruf Amin Dorong Adanya Kolaborasi Lintas Sektor

Baca Juga: [UPDATE] Virus Corona di Indonesia per 8 April 2021, Kasus Harian Naik 5.504, Meninggal 163 Orang

Gus Ami kemudian menyebutkan beberapa pesantren yang tetap menyelenggarakan aktivitasnya dengan menegakkan protokol kesehatan. Beberapa pesantren itu seperti Pesantren Lirboyo di Kediri yang memiliki 32 ribu santri, dimana para santrinya tetap bermukim.

Pesantren itu diklaimnya tetap melakukan pengajaran kepada santri-santrinya dengan sukses. Kemudian ada juga Ponpes Poso yang melaksanakan hal serupa dengan santri tidak kurang 30 ribu santri. Kemudian Ponpes Babakan Ciwaringin, Cirebon, yang kini memiliki 5.000 santri.

“Bahkan kami sempat sowan ke Lirboyo. Orang tua mengeluh karena tidak boleh menengok putra-putrinya yang pesantren,” tuturnya.

Baca Juga: Granada vs Man Utd di Liga Europa: Ole Gunnar Solskjaer Tak Janji Mainkan Marcus Rashford

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X