Mensos Risma Upayakan Suku Anak Dalam Terima Bantuan Sosial dari Pemerintah

- 21 Maret 2021, 12:57 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat wawancara dengan media /Dok Kemensos

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya menyiapkan 2.000 kartu keluarga (KK) untuk Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi.

Sebagaimana diketahui, Suku Anak Dalam sebelumnya telah melakukan perekaman KTP elektronik. Pembuatan identitas itu agar pemerintah dapat memberikan bantuan sosial (Bansos).

"Insyaallah bulan ini, kita sudah bisa cairkan kurang lebih 2.000 KK di Suku Anak Dalam. Karena kemarin padanannya sebetulnya sudah 3.000 perekaman, tapi mungkin karena mereka mutar ya nomaden jadi ada double, ganda dan sebagainya," kata Risma di Gelora Bung Karno, Minggu 21 Maret 2021.

Baca Juga: Mensos Siapkan 600 Kursi Roda Modifikasi Untuk Penyandang Disabilitas

Baca Juga: Beredar Video Jaksa Terima Suap hingga Rp1 Miliar Terkait Kasus Habib Rizieq, Kejagung Beri Penjelasan

Menurut Risma, dengan adanya identitas tersebut nantinya bantuan sosial yang sempat terkendala bisa segera dicairkan.

"Jadi 2.000 lebih yang itu akan kita turunkan bantuannya di bulan Maret ini. Dan itu double sama bulan April gak apa-apa, kita akan majukan yang bulan April," tuturnya.

Sebelumnya, Sebanyak 3.000 orang rimba atau yang lebih suka dipanggil Suku Anak Dalam (SAD) yang mendiami kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Jambi, kini bisa bernafas lega.

Pasalnya, Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan penataan data penerima bantuan sosial agar terintregrasi dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sekaligus padan dengan data Administrasi Kependudukan.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X