Daftar 11 Penyakit yang Bikin Lansia Tidak Dapat Terima Vaksin Covid-19

- 24 Februari 2021, 10:14 WIB
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin saat Simulasi Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Batu Bara, Rabu, 3 Februari 2021 / Foto: akun Facebook Bupati Zahir /

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah telah memulai vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia atau lansia yang berusia diatas 60 tahun.

Lansia diberikan vaksin lantaran dianggap sebagai kelompok rentan.

Untuk mengikutinya, masyarakat lansia pun diberikan pilihan fasilitas kesehatan pemerintah maupun organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan pemerintah.

Namun ternyata, tidak semua lansia dapat menerima vaksin Covid-19. Pasalnya, terdapat beberapa penyakit bawaan yang membuat lansia tidak dapat menerima vaksin Covid-19.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi Lakukan Shuttle Diplomacy dengan ASEAN, Bahas Penyelesaian Isu Myanmar

Baca Juga: Romo Benny BPIP Suruh Anies Baswedan Tiru Ahok, Wakil Ketua MPR: Banjir Sentuh Istana Presiden di Masa Ahok

"Lansia merupakan kelompok rentan, karena kekebalan tubuhnya pun menurun seiring bertambahnya usia. Dan ketika terjadi infeksi Covid-19, akan semakin parah dengan adanya penyakit penyerta atau komorbid," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan resminya.

Untuk program vaksinasi lansia ini dilaksanakan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) mengeluarkan Emergency Use of Authorization (EUA) pada 5 Februari 2021 dan pemberiannya, sama seperti pemberian pada tenaga kesehatan.
Yaitu sebanyak 2 dosis suntikan dan untuk dosis vaksin kedua ini diberikan dalam selang waktu 28 hari sejak dosis pertama disuntikkan.

Ditahap awal, pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia dipusatkan di ibukota provinsi, terutama di Pulau Jawa dan Bali.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X