Upaya Mitigasi Bencana Banjir Jabodetabek, BPPT Kerahkan Tim untuk Lakukan Rekayasa Cuaca

- 23 Februari 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi banjir. Upaya Mitigasi Bencana Banjir Jabodetabek, BPPT Kerahkan Tim untuk Lakukan Rekayasa Cuaca. /Pixabay/Hermann

PIKIRAN RAKYAT - Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir.

Pasalnya diprediksi adanya peningkatan intensitas hujan dari sedang ke lebat secara merata yang terjadi di Jabodetabek pada 20, 23 dan 24 Februari 2021.

Sehubungan dengan imbauan tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menerjunkan tim teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk melaksanakan redistribusi curah hujan, yang berpotensi banjir.

Tentunya tindakan ini sebagai upaya mitigasi bencana hidrometeorologi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Baca Juga: Buat Penggemar Tak Sabar, Drama Korea Love Alarm Season 2 Rilis Poster Para Pemainnya

Baca Juga: Kapolri Keluarkan Surat Edaran, Ada 11 Poin Soal Penanganan Perkara UU ITE

Kepala BPPT Hammam Riza dalam keterangannya pada Selasa, 23 Februari 2021, ia mengatakan bahwa upaya preventif yang dilakukan tim Teknologi Modifikasi Cuaca ini sebagai cara untuk mengurangi dampak negatif dari banjir di wilayah Jabodetabek.

"TMC dilakukan sebagai bagian dari upaya preventif untuk mengurangi dampak negatif dari terjadinya banjir melalui redistribusi curah hujan sehingga kejadian hujan ekstrem bisa berkurang,” kata Hammam.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan teknologi modifikasi cuaca, diharapkan wilayah yang mempunyai potensi terjadinya genangan dan banjir bisa terhindar dari curah hujan penyebab banjir.

Halaman:

Editor: Linda Rahmadanti

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X