Akhirnya Terungkap, Saksi Ahli Polisi Beberkan Penyebab Kebakaran Gedung Kejagung

- 22 Februari 2021, 18:45 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Akhirnya Terungkap, Saksi Ahli dari Polisi Beberkan Penyebab Kebakaran Gedung Kejagung RI. /Pixabay/Alexas_Fotos

PIKIRAN RAKYAT - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang lanjutan terkait kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI pada Senin 22 Februari 2021.

Dalam sidang ini, agendanya adalah mendengarkan keterangan dari dua orang saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Salah seorang saksi ahli dari Laboratorium Forensik (Labfor) Bareskrim Polri Nurcholis. Ia mengatakan bahwa penyebab kebakaran Gedung Kejagung RI  berasal dari bara atau nyala api.

Menurut dia, kesimpulan itu didapat dengan menggunakan teori probability approach (pendekatan kemungkinan) yakni suatu cara ilmiah untuk menggali kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran.

Baca Juga: Ketua RT di Rawa Buaya Curhat ke Anies Baswedan, Sebut Banjir Lebih Cepat Surut

Baca Juga: Motor dan Perabotan Rumah Tangga Banyak yang Ludes Akibat Banjir, Irish Bella Ogah Pusing: Beli Baru

Nurcholis kemudian ditanya oleh salah seorang kuasa hukum terkait teori tersebut apakah menjadi satu-satunya yang digunakan dalam menyimpulkan kasus kebakaran Gedung Kejagung.

"Saudara ahli bilang penyebab kebakaran ini secara ilmiah menggunakan teori probability approach apakah teori itu hanya satu-satunya yang dipakai," tanya kuasa hukum dalam persidangan.

Nurcholis kemudian mengatakan bahwa teori tersebut merupakan cara yang biasa dipakai di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia.

Halaman:

Editor: Linda Rahmadanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X