GeNose Adalah Alat Deteksi Covid-19, Pahami Cara Kerjanya

- 7 Februari 2021, 20:58 WIB
GeNose C19, alat deteksi Covid-19 berbasis embusan napas karya tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM).
GeNose C19, alat deteksi Covid-19 berbasis embusan napas karya tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM). /Antara Foto/M Risyal Hidayat

PIKIRAN RAKYAT – Universitas Gadjah Mada (UGM), secara resmi memperkenalkan temuan teknologi alat deteksi Covid-19 yang efektif dan efisien.

Dinamakan Gadjah Mada Nose C19 atau disingkat menjadi GeNose C19, merupakan alat inovasi Universitas Gadjah Mada yang terbaru dalam screening Covid-19.

Alat ini diklaim memiliki cara kerja yang ringkas dan cepat dalam mendeteksi Covid-19.

Baca Juga: Tak Kurang Akal, Donald Trump Kembali Pakai Media Sosial untuk Gagalkan Pemakzulan

GeNose C19 bekerja dengan mengenali pola senyawa metabolit, yang terbentuk dari orang yang sudah terinfeksi Covid-19 hanya melalui sampel nafas.

Alat pendeteksi Covid-19 berbasis embusan napas GeNose C19 yang dikembangkan oleh tim riset Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapat apresasi yang besar dari banyak pihak.

GeNose C19 dirasa bisa membantu pemerintah dalam mendeteksi Covid-19 secara lebih masif dengan biaya yang relatif murah.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 8 Februari 2021: Cancer, Leo, dan Virgo, Coba Terbuka Agar Dipercaya Pasangan

Setelah melewati berbagai tes, Kementerian Kesehatan pun mengeluarkan izin edar untuk GeNose C19 pada 24 Desember 2020 dengan nomor RI AKD 20401022882.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia

Sumber: ugm.ac.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X