Pilar-pilar Kemensos Percepat Pemberian Bantuan Banjir Manado

- 27 Januari 2021, 19:43 WIB
Upaya mempercepat memberi bantuan kepada korban banjir antara lain dilakukan Karang Taruna sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di lokasi. /Dok. Kemensos

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Sosial melalui pilar-pilar sosial terus bergerak untuk memberikan bantuan kepada korban bencana banjir di Manado, Sulawesi Utara. 

Banjir di Manado akibat letak kota yang secara geografis berhadapan langsung dengan laut sehingga saat gelombang setinggi 3 meter menerjang, bencana banjir tak bisa dihindari.

Upaya memberi bantuan kepada korban banjir antara lain dilakukan Karang Taruna sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di lokasi bencana.  

 Baca Juga: Ngaku Menantu Mantan Kapolri, Pasutri ini Janjikan Proyek dan Tilep Dana Hingga Rp39 Miliar

Karang Taruna Indonesia Bangkit Kelurahan Ranotana Weru dan Karang Taruna Tumou Tou Kecamatan Wanea Kota Manado bersama Lurah langsung ke lokasi pasca terjadi bencana banjir di Kelurahan Ranotama Weru Lingkungan 2. 

Mereka juga langsung mengevakuasi, menggalang donasi,  memberikan bantuan dan dukungan moril bagi warga yang terdampak, baik warga yang tewas, sakit serta terluka.

"Kami melakukan edukasi kepada masyarakat lewat medsos dan secara langsung. Pasca bencana, kami melakukan assesment terlebih dahulu di lapangan. Serta berkoordinasi dengan Pemerintah dan pihak Kelurahan terkait data berapa banyak KK yang terdampak. Penanganan yang kami lakukan berdasarkan skala prioritas, yaitu KK yang mempunyai penyandang Disabilitas, Lansia Fakir Miskin, dan Ibu Hamil" jelas Ferly Kokong, Ketua Karang Taeuna Indonesia Bangkit, Kel. Ranotama Weru, Kec. Wanda, Kota Manado.

 Baca Juga: Ogah Ganti Identitas Asli di KTP, Millen Cyrus: Takut Masuknya Pemalsuan

Karang Taruna Teladan Nasional Tahun 2017 juga menginisiasi kegiatan donor darah berkoordinasi dengan Pemda setempat, seperti Dinas Sosial, donatur serta para relawan lainnya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X