153 Warga China Tiba di Tanah Air Saat Larangan WNA Masuk Indonesia Masih Berlaku, Pihak Imigrasi Buka Suara

- 25 Januari 2021, 10:28 WIB
Ilustrasi kedatangan Warga Negara Asing (WNA)  di bandara Indonesia.
Ilustrasi kedatangan Warga Negara Asing (WNA) di bandara Indonesia. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 153 Warga Negara Asing (WNA) asal China tiba di Bandara Seokarno-Hatta, Banten, pada Sabtu 23 Januari 2021.

Meski sebenarnya larangan WNA masuk ke Indonesia masih berlaku, kedatangan 153 orang asal China ini telah dikonfirmasi langsung oleh Kasubag Humas Ditjen Imigrasi, Ahmad Nursaleh.

Ahmad Nursaleh mengatakan seluruh WNA China yang datang ke Indonesia itu langsung diarahkan untuk menjalani karantina mengingat pandemi Covid-19 yang masih merajalela.

Baca Juga: Akui Izinkan DAS Barito untuk Aktivitas Pertambangan di Kalsel, ESDM: Hanya 14 Persen 

Dia menjelaskan 153 WNA asal China itu terdiri dari 150 orang dengan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP) serta tiga orang dengan visa diplomatik.

Nursaleh juga mengabarkan ada 18 warga negara Indonesia (WNI) datang bersamaan dengan mendaratnya 153 WNA tersebut.

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-Depok.com dalam artikel "Meski Terdapat Larangan, Dirjen Imigrasi Konfirmasi 153 WNA Asal China Masuk Indonesia", para penumpang asing dan sejumlah WNI yang tiba di Indonesia itu diangkut oleh Pesawat China Southern Airlines.

Baca Juga: Krisis Kemanusiaan di Yaman Sudah Mengerikan, Secercah Harapan Mulai Muncul

"Pada Sabtu, 23 Januari 2021 telah mendarat Pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 WN RRT dan 18 WNI. Selanjutnya diarahkan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 menuju tempat karantina," ujar Nursaleh, sebagaimana dikutip dari Antara, Senin 25 Januari 2021.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X