Tiba-tiba Bicara Tentang Kematian, Anies Baswedan: Ikhtiar Manusia Berhenti

- 25 Januari 2021, 09:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melihat jasad pasien yang terbujur kaku, ditutupi oleh kain putih. /Twitter/aniesbaswedan

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan momen kala dirinya berada di ruang kontrol Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Cengkareng.

Kala itu, Anies Baswedan memperlihatkan sebuah monitor yang tengah memantau kamar Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit tersebut.

Pasien itu baru saja ditutup kain putih. Ikhtiar manusia berhenti di situ. Semua alat dilepas, Ia telah jadi jenazah. Kematian dalam kesendirian, tanpa ada keluarga di sampingnya,” ujar  Anies Baswedan, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam unggahan yang diposting @aniesbaswedan pada 25 Januari 2021.

Baca Juga: Tolak Pengusaha Jualan Vaksin Covid-19, dr. Tirta: Gratis Ya Gratis Semua, Ribet Edukasinya

Siang itu, menjelang pukul 14, di RSUD Cengkareng, berdiri di depan layar tv, di ruang kontrol yang memonitor setiap pasien ICU, kami menyaksikan dari dekat,” katanya menambahkan.

Menurutnya, peristiwa tersebut sangatlah dekat, terlebih bila jasad yang ditutup kain putih tersebut adalah orang yang dikenal.

Peristiwa itu dekat. Apalagi kain putih itu menutup wajah dan badan orang yang kita kenal. Momen yang tak berjarak,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Baca Juga: Striker PSG Kylian Mbappe Ungkap Keinginan Main untuk Liverpool

Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, kala dirinya menemui keluarga jenazah tersebut, duka mereka terasa amat dalam.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X