Darurat Sampah, Pemkab Apresiasi Masyarakat Badung Ikut dalam Aksi Bersih Lingkungan di Pantai Bali

- 25 Januari 2021, 07:29 WIB
Ilustrasi Pantai dipenuhi sampah.* /PIXABAY/sergeitokmakov

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengapresiasi berbagai komponen masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sampah di sejumlah titik kawasan pantai di wilayah itu.

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Pantai Petitenget, Badung, Minggu, 24 Januari 2021, menyatakan pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat yang turut berpartisipasi secara bersama-sama melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan di sepanjang kawasan pantai.

Suiasa menjelaskan fenomena sampah kiriman yang terbawa arus dan terdampar di pantai memang terjadi setiap tahun di wilayah Badung, pada periode sekitar bulan Oktober hingga Februari.

Baca Juga: Teguran Keras Wakil Ketua MPR RI Soal Hebohnya Kasus Siswi Nonmuslim Diwajibkan Pakai Jilbab

"Fenomena tersebut kami sebut kedaruratan sampah, karena setiap harinya hampir sebanyak 150-200 ton sampah di sepanjang pantai ini yang terus dibersihkan," kata Suiasa, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara.

Dalam kesempatan tersebut, aksi bersih sampah dilakukan oleh Civitas Akademika Universitas Dwijendra Bali. Pada waktu yang bersamaan, Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari), RAPI dan komunitas hotel di Bali juga melakukan aksi bersih sampah di Pantai Dreamland Pecatu.

Menanggapi hal ini, Suiasa menyampaikan bahwa selama ini juga hal itu sudah menjadi perhatian serius dari seluruh jajaran Pemkab Badung, dalam upaya menjaga citra Bali dan Badung khususnya sebagai daerah tujuan wisata.

Baca Juga: Trump Jadi 'Sasaran' Disebut Gagal Tangani Pandemi Covid-19 di Amerika Serikat

Menurut Suiasa, penanganan sampah sangat perlu dilakukan mengingat kebersihan disamping kesehatan, merupakan isu yang sangat strategis dalam mendukung kenyamanan wisatawan dan menjadi tantangan pemerintah tiap tahun.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X