Geger Dentuman Misterius Muncul di Bali, Nelayan Ungkap Penampakan Semacam Meteor, Terekam Sensor Seismik BMKG

- 25 Januari 2021, 06:50 WIB
Ilustrasi. Alat seismograf BMKG yang merekam dentuman dari langit di Bali. /Antara

PIKIRAN RAKYAT - Suara dentuman misterius sempat menggegerkan warga di Buleleng, Bali, Minggu, 24 Januari 2021 pagi kemarin. Kerasnya ledakan ini pun menjadi perbincangan di media sosial.

Sebenarnya suara dentuman keras yang misterius ini bukan pertama kalinya terjadi, sebelumnya pernah pula terjadi di Bandung dan Jakarta pada September 2020. BMKG sebut dentuman tersebut bukan berasal dari gempa.

Kali ini, suara dentuman misterius itu terjadi di Bali usai 4 bulan kemudian. Dikutip dari Antara berdasarkan keterangan resmi BMKG, dentuman yang sempat bikin heboh warganet itu terekam sensor seismik Singaraja Bali. Setelah dilakukan analisa, dentuman misterius tersebut bisa dipastikan bukan aktivitas gempa bumi.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Bakal Dapat Jabatan Baru Lagi, Bahkan Jadi Calon Tunggal!

Selengkapnya cek YouTube Pikiran Rakyat

 

Hal itu disampaikan Koordinator bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Minggu, 24 Januari 2021, yakni berdasarkan hasil monitoring BMKG. Menunjukkan adanya anomali sinyal seismik yang tercatat pada sensor seismik Singaraja (SRBI) pada pukul 10.27 WITA.

"Terkait ledakan yang terjadi di Buleleng Bali alat kami sensor seismik BMKG mencatat anomali gelombang seismik sekitar pukul 02.27.17 UTC atau 10.27.17 WITA," jelas Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui akun Twitter milikinya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: PMJ News, Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X