Pantas Nol Kasus, Warga Baduy Terapkan Protokol Kesehatan Ketat untuk Hindari Covid-19

- 24 Januari 2021, 20:44 WIB
WARGA Baduy tampak sedang asik di teras rumahnya yang berbentuk panggung sederhana. /Antara

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi Covid-19 telah melantak Indonesia 10 bulan terakhir, ditetapkan sebagai bencana nasional oleh Presiden Joko Widodo pada April 2020 lalu. Pelbagai wilayah dibuat kepayahan oleh virus mematikan tersebut. Kendati demikian, hingga saat ini penyebaran virus corona di masyarakat Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten belum ditemukan.

Iton Rustandi selaku Petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cisimeut, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak menuturkan selama pandemi Covid-19 berlangsung, tak ada kasus Covid-19 di tengah masyarakat Baduy.

“Selama sembilan bulan terakhir ini warga Baduy nol kasus Covid-19," kata Iton Rustandi di Lebak, Minggu 24 Januari 2021.

Baca Juga: Sejumlah Titik Dinilai Rawan Genangan, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Tinjau Lokasi hingga Beri Arahan

Menurut Iton, guna mencegah penularan virus corona, masyarakat Baduy menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan lebih ketat.

Bahkan, dilaporkan bahwa tetua adat setempat mengimbau masyarakat Baduy untuk tidak ke luar daerah, terutama zona merah penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut, Iton Rustandi menuturkan bahwa selama ini aktivitas masyarakat Baduy lebih banyak di rumah dan ladang guna mengembangkan pertanian. Di samping itu, pihaknya juga mengoptimalkan edukasi terkait bahaya Covid-19.

Baca Juga: Ini Reaksi Khabib Nurmagomedov Usai Saksikan Kekalahan Conor McGregor di UFC 257

“Kami juga mengoptimalkan edukasi tentang bahaya Covid-19 agar mereka mengetahui penyebaran penyakit yang mematikan itu,” ujar Iton Rustandi, seperti dilaporkan Antara.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X