Indonesia Berpotensi Jadi Negara Pengekspor Lobster Terbesar di Dunia, Menteri KKP: Saya Optimistis

- 24 Januari 2021, 20:05 WIB
Warga menunjukkan lobster hasil tangkapan nelayan di pesisir Pantai Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Rabu, 19 Februari 2020. /ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI) Gunawan mengatakan, Indonesia memiliki banyak potensi untuk menjadi negara pengekspor lobster terbesar di dunia.

"Kami dari GPLI akan mengajak nelayan dan masyarakat pesisir untuk bergerak dan berusaha, salah satunya untuk budidaya lobster,” kata Gunawan di Kabupaten Badung, Bali, Minggu 24 Januari 2021.

Ia menyampaikan bahwa dengan adanya usaha lobster tersebut, akan sangat membantu menghidupi jutaan nelayan dan masyarakat pesisir Indonesia khususnya saat pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: WHO Berencana Kembangkan Vaksin Covid-19 Generasi Baru, Bisa Dihirup dan Harganya Disebut Lebih Terjangkau

Pihaknya juga telah melakukan presentasi dan melakukan langsung panen lobster hasil budidaya dikelola PT. Lautan Berkah Perkasa yang tergabung dalam GPLI bersama Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, di kawasan Sumberkima, Buleleng, Bali, beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, menyatakan ia pun optimistis Indonesia bisa menjadi negara pengekspor lobster hasil budidaya terbesar di dunia.

"Tuhan sudah memberikan alam kepada kita yang begitu luar biasa pesan saya jelas budidaya ini akan kita kembangkan,” kata Trenggono, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara.

Baca Juga: Angka Pengangguran Melambung Akibat Covid-19, Purwakarta Tambah Peserta Pelatihan Kerja Tahun 2021

Ia juga menegaskan, hal itu bukan menjadi tanggung jawab Dirjen Budidaya saja. Melainkan ia pun akan all out, untuk dapat dikembangkan di dalam negeri dan di harapakan Indonesia menjadi produsen ekspor lobster terbesar di dunia.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X