Bangga dan Dukung Karya Anak Bangsa, PT KAI akan Gunakan GeNose C19 untuk Deteksi Covid-19

- 24 Januari 2021, 19:06 WIB
GeNose Alat tes Covid-19 Buatan Tim Universitas Gajah Mada, Yogyakarta yang sangat cepat dan murah untuk mendeteksi infeksi Covid-19 /Humas UGM

PIKIRAN RAKYAT - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung penggunaan alat Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau GeNose C19 di layanan KAI untuk screening virus corona pada transportasi kereta api.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 24 Januari 2021, menyampaikan pihaknya menyambut baik inovasi yang dihadirkan oleh anak bangsa yakni alat deteksi Covid-19 GeNose C19.

“kami sangat menyambut baik inovasi dari anak bangsa dalam rangka menghadirkan layanan deteksi Covid-19 yang cepat murah dan akurat,” kata Joni, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara.

Baca Juga: Jimly Asshiddiqie Sebut Medsos Ubah Pola Komunikasi, Orang Saling Mencerca Semakin Berani dan Lepas

Alat deteksi yang dinamakan GeNose C19 ini adalah alat pendeteksi virus corona yang dikembangkan para peneliti di Universitas Gajah Mada, dan sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan.

Dalam proses pengambilan sampel dari GeNose C19, yakni berupa embusan napas dan hasil tes dapat langsung diketahui hanya dalam waktu 3 menit.

Alat buatan anak bangsa yang baru pertama kali diciptakan di dunia ini, bisa dugunakan dengan tarif yang diperkirakan berkisar di Rp20.000. Tarif tersebut untuk satu kali tes dengan akurasi di atas 90 persen.

Baca Juga: Putra Syekh Ali Jaber Dijodohkan dengan Putri Yusuf Mansur? Wirda Mansur: Pasti Impian Sebagian Besar Wanita

Joni mengatakan KAI berencana akan membeli GeNose C19, yang nantinya akan digunakan di berbagai stasiun kereta api.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X