Selidiki Penyebab Banjir Kalimantan Selatan, Temuan Bareskrim Polri Serupa dengan Pendapat Jokowi

- 23 Januari 2021, 16:38 WIB
Presiden Jokowi. /Twitter.com/@KemensetnegRI

PIKIRAN RAKYAT – Polri secara khusus menerjunkan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) untuk melakukan penyelidikan terhadap penyebab banjir di Kalimantan Selatan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si, menyatakan bahwa dalam penyelidikan tersebut berhasil ditarik kesimpulan penyebab utama banjir di Kalimantan Selatan adalah akibat curah hujan tinggi.

Bareskrim sudah turun tim, ternyata memang kenapa banjirnya itu karena memang faktor curah hujan saat itu sangat tinggi dari BMKG di sana," ucap Brigjen Pol. Rusdi dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Tribrata News Polri.

Baca Juga: Tiba-tiba Sampaikan Kabar Duka, Fahri Hamzah: 17 Hari Lalu Masih Sehat, Mohon Doa Bagi Almarhum

Dalam penyelidikan yang dilakukan oleh Bareskrim Polri itu, Rusdi menuturkan bahwa pihaknya ntelah mengecek ke pihak syahbandar atau kepala pelabuhan setempat.

Dari hasil pengecekan tersebut diketahui bahwa pada saat itu gelombang laut pasang tengah tinggi dan mencapai 2,5 meter.

“Memang pada saat itu tinggi gelombang sangat tinggi antara dua sampai dua setengah meter sehingga itu berpengaruh terhadap arus balik ke daratan. Ini sementara hasil turun lapangan dari Bareskrim," kata Rusdi.

Baca Juga: Mengenal Pam Swakarsa, dari Tragedi Semanggi 1998 hingga Digagas Ulang Kapolri Baru

Lebih lanjut, Karo Penmas mengatakan sejauh ini pihaknya belum memutuskan langkah selanjutnya terkait banjir tersebut, seperti memeriksa dinas terkait. Karo Penmas mengatakan pihaknya masih mengumpulkan sejumlah informasi untuk menentukan penyebab banjir itu.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Sumber: Tribrata News, ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X