Jokowi Paparkan 3 Hal yang Menjadi Upaya Pemerintah Memutus Pandemi Covid-19, Sektor Ekonomi hingga Kesehatan

- 23 Januari 2021, 14:42 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /Kemensetneg

PIKIRAN RAKYAT – Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah tengah berupaya untuk memerangi pandemi Covid-19 dengan menerapkan kebijakan di berbagai sektor.

Di sektor ekonomi, Jokowi menuturkan bahwa pemerintah Indonesia memastikan akan menyalurkan bantuan sosial atau bansos yang beragam kepada masyarakat.

"Akan kita teruskan yang berkaitan dengan bantuan sosial untuk yang tidak mampu. Kemudian yang berkaitan dengan bantuan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah entah itu insentif pajak atau bantuan modal darurat," ujarnya saat menjadi pembicara kunci dalam Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga: Positif Covid-19, Doni Monado Yakin Tertular Saat Makan: Kita Pasti Lepas Masker

Selain bansos, Jokowi menyebut bahwa insentif-insentif juga akan tetap dicairkan kepada masyarakat seperti program Kartu Prakerja bagi masyarakat yang mengalami dampak pemutusan hubungan kerja.

Baik bansos maupun insentif dikatakan Jokowi merupakan upaya pemerintah Indonesia agar bisa menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Tak hanya agar bisa menjaga daya beli masyarakat, bansos dan insentif itu juga dimaksudkan untuk meringankan beban orang-orang yang terdampak pandemi.

Baca Juga: PPKM Resmi Diperpanjang, Airlangga Hartarto: Demi Kemaslahatan Masyarakat Luas

Sementara dari sisi penanganan kesehatan, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kedisiplinan terhadap protokol kesehatan masih menjadi strategi utama bagi penanganan pandemi yang juga menjadi upaya jangka pendek pemerintah.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Sumber: Setneg


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X