Singgung Geografis, Bupati Jayapura Harap Anggaran Otsus Ditambah

- 22 Januari 2021, 16:46 WIB
Ilustrasi masyarakat Papua /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw berharap penambahan dana otonomi khusus dari pemerintah pusat bisa dipertimbangkan lagi.

Pasalnya, kata Mathius Awoitauw Papua secara geografis sangat luas. Belum lagi ketertinggalan pembangunan yang sangat luar biasa.

Dengan begitu, dia berharap, pemerintah pusat bisa mengkaji lagi dengan mempertimbangkan dua fakta tersebut.

Baca Juga: Pro Kontra DOB Provinsi Papua, Bupati Jayapura: Cuma Soal Komunikasi

"Saya pikir, Papua dengan geografis yang begitu berat dengan tingkat ketertinggalan yang luar biasa memang anggaran perlu dipertimbangkan secara baik. Mungkin perlu peningkatan," kata Mathius Awoitauw saat ditemui usai melaksanakan audiensi pemekaran Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua bersama pimpinan MPR RI di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021.

Mathius Awoitauw berharap, menyoali penambahan anggaran dana otonomi khusus ini, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan bisa mengevaluasi.

"Saya pikir Itu bisa diaudit dievaluasi secara baik dan bisa dipertimbangkan dengan kondisi daerah yang begitu besar," katanya.

Baca Juga: Operasi DVI Belum Selesai, Komandan DVI: Kami akan Evaluasi, Analisa dan Cocokkan

Lebih lanjut, Mathius berharap dana otonomi khusus dari Pemerintah Pusat melalui kabupaten bisa langsung ditransfer ke di distrik-distrik. Menurutnya, dengan begitu, penggunaan dana otonomi khusus untuk pembangunan di Papua bisa lebih efektif.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X