Soal Pembangunan di Papua, Bupati Jayapura ingin Dana Otsus Ditransfer Langsung ke Distrik

- 22 Januari 2021, 15:20 WIB
Bupati Jaya Pura Mathius Awoitauw saat ditemui usai menjalani audiensi tentang pemekaran Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua bersama pimpinan MPR RI di Jakarta /Pikiran-Rakyat.com/ Amir Faisol

PIKIRAN RAKYAT - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw berharap dana otonomi khusus dari Pemerintah Pusat melalui kabupaten bisa langsung ditransfer ke di distrik-distrik.

Menurutnya, dengan begitu, penggunaan dana otonomi khusus untuk pembangunan di Papua bisa lebih efektif.

"Rakyat ada di kampung kampungkan di distrik sehingga kalau itu lebih terarah ke Kabupaten atau mungkin langsung saja ke distrik melalui Kabupaten. Itu sangat efektif," kata Mathius Awoitauw saat ditemui usai melaksanakan audiensi pemekaran Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua bersama pimpinan MPR RI di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021.

Baca Juga: Puan Maharani Teken SK Persetujuan DPR RI Terkait Pengangkatan Listyo Sigit Jadi Kapolri

Tidak hanya lebih efektif, dalam pandangan Mathius Awoitauw bila dana otonomi khusus ini ditransfer langsung ke distrik-distrik, maka rakyat di Papua bisa tahu tentang besaran anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat.

Dengan begitu anggaran dana otonomi khusus ini bisa menjadi lebih transparan. Pasalnya, kata dia, saat ini rakyat di Papua yang ada di distrik-distrik tidak tahu kalau ada dana otsus.

Oleh karena itu, kata dia, konsep seperti ini bisa memutus birokrasi yang saat ini begitu panjang.

Baca Juga: Disuruh Bayar Konten Berita, Google Ancam Tarik Mesin Pencarinya dari Australia

Lebih jauh, Mathius Awoitauw mengatakan, ketika dana otonomi khusus ini ditransfer langsung ke distrik-distrik, penggunaannya bisa langsung dipublikasikan.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X