Waspada, Talaud Sulawesi Utara Miliki Potensi Bahaya Gempa Kategori Sedang hingga Tinggi

- 22 Januari 2021, 14:18 WIB
Zona subduksi Lempeng Laut Filipina penyebab gempa magnitudo 7,0 di Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. /BMKG

PIKIRAN RAKYAT – Pelbagai bencana menerpa beberapa wilayah di Tanah Air belakangan ini. Pada Kamis 21 Januari 2021 pukul 19.30 WIB Gempa kuat magnitudo 7,0 mengguncang Sulawesi Utara, berada 132 Km Timur Laut Melonguane.

Atas guncangan gempa tersebut, Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Talaud melaporkan sebanyak dua unit rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan, tiga unit terdampak oleh gempa kuat magnitudo 7,0 yang mengguncang Sulawesi Utara itu.

Dalam keterangan yang diterima Pikiran-Rakyat.com, Selasa 22 Januari 2021, BPBD melaporkan bahwa tingkat kerusakan pada ketiga unit rumah tersebut masih dalam proses pendataan petugas.

Baca Juga: Pernah Merasa Malu Punya Ayah Seorang Pelawak, Rizky Febian: Ditertawakan Banyak Orang

Adapun dua rumah yang mengalami kerusakan ringan berada di Desa Rae, Kecamatan Beo Utara, sementara itu, rumah terdampak lainnya diidentifikasi masing-masing di Desa Ganalo, Kecamatan Tampan Amma, Desa Mala, Kecamatan Melonguane dan Desa Bantik, Kecamatan Beo.

Selain rumah warga, gempa kuat yang mengguncang tanah Sulawesi Utara itu berdampak pada satu unit Gereja di Desa Ganalo, Tampan Amma dan Rumah Sakit Umum Daerah di Desa Mala, Melonguane mengakibatkan kerusakan minor di RSUD. Adapun terkait tingkat kerusakan bangunan, masih dalam pendataan petugas.

Sementara itu, berdasarkan data BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud per Jumat 22 Januari 2021 pukul 8.00 WIB dikabarkan belum ada laporan korban jiwa.

Baca Juga: Rizky Febian Akui Kerjasamanya dengan Anya Geraldine Tuai Banyak Perdebatan

Tim BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud melakukan pendataan, koordinasi dengan instansi terkait, serta evakuasi keluarga terdampak gempa kuat magnitudo 7,0 itu.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X