Jokowi Janji Beri Rp50 Juta pada Korban Gempa Sulbar, Wakil Ketua MPR: Lombok Saja Belum Dipenuhi

- 20 Januari 2021, 09:56 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. /Kolase twitter.com/@KemensetnegRI dan instagram.com/@hnurwahid

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengunjungi korban gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi menyatakan pemerintah akan turun tangan membantu korban gempa Sulbar.

Salah satu yang dijanjikan oleh Presiden Jokowi ialah terkait dengan perbaikan rumah korban gempa Sulbar. Rumah-rumah milik korban gempa Sulbar akan dibantu perbaikannya oleh pemerintah pusat hingga Rp50 juta.

Namun, ucapan Presiden Jokowi ini dicibir oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Pasalnya, Presiden Jokowi tidak hanya sekali mengumbar janji soal perbaikan rumah korban gempa. Sebelum terjadi gempa Sulbar, korban gempa Lombok dua tahun lalu juga diberi janji serupa.

Baca Juga: Angka Keterisian Tempat Tidur Menurun, Satgas Covid-19 Kota Bandung Tak Ingin Lengah

Presiden Jokowi sempat menjanjikan uang perbaikan rumah senilai Rp50 juta kepada korban gempa Lombok saat berkunjung ke Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin 30 Juli 2018.

"Masing-masing rumah yang rusak berat akan diberikan dana sebesar Rp50 juta," kata Jokowi dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

"Pembangunan dan supervisi akan dibantu oleh TNI, sedangkan untuk pengawasan dilakukan oleh gubernur, bupati dan perangkat yang lain," ujar Presiden Jokowi menambahkan.

Baca Juga: Tak Dijangkau Jokowi, Mensos Risma Serahkan Bantuan Langsung bagi Korban Banjir di Halmahera Utara

Hingga Januari 2019, tak nampak tanda-tanda digelontorkannya bantuan dari Presiden Jokowi maupun pemerintah pusat untuk perbaikan rumah korban gempa Lombok.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X