Tinjau Lokasi Bencana di Halmahera Utara, Tri Rismaharini: Saya Harap Semua Masyarakat Bersabar

- 19 Januari 2021, 20:55 WIB
Mensos Tri Rismaharini memantau salah satu posko pengungsian korban gempa Sulbar. /Foto/tangkapan layar Youtube Linjamsos Oke

PIKIRAN RAKYAT - Bencana banjir menerpa pelbagai wilayah di Halmahera Utara, Maluku Utara pada Sabtu 16 Januari 2021 dini hari lalu usai diguyur hujan deras. Pada Selasa 19 Januari 2021 Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau lokasi terdampak bencana tersebut.

Dalam kunjungannya, Tri Rismaharini didampingi oleh Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Danrem 152/Babullah Ternate Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Risyapudin Nursin, Kabinda Maluku Utara Brigjen TNI Dudy dan Kejati Maluku Utara Erryl Prima Putra.

Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama rombongan bertolak meninggalkan Bandar Udara Gamarmalamo menuju posko pengungsian di Desa Duma Kecamatan Galela Barat, Halmahera Utara.

Baca Juga: Kasus Raffi Ahmad Bergulir, Polri Gelar Perkara untuk Lihat Kemungkinan Pelanggaran Pidana

Sementara itu, dalam sambutannya Tri Rismaharini menuturkan bahwa kedatangannya tersebut merupakan perintah langsung dari Presiden Jokowi guna memberi bantuan.

"Saya akan mengupayakan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat dibantu. Terkait relokasi desa saya akan membantu akan tetapi harapan kami semua masyarakat dapat bersabar karena semua mengikuti prosedurnya,” katanya, seperti dilaporkan Antara.

Lebih lanjut, Mensos Tri Rismaharini menyerahkan bantuan sosial secara langsung terhadap masyarakat terdampak musibah banjir tersebut, juga melihat kondisi yang terjadi pascabencana banjir beberapa hari lalu yakni jembatan yang terputus.

Baca Juga: Hujan Deras Mengguyur Kabupaten Batang Jawa Tengah, Puluhan Rumah Terendam Banjir hingga 1 Meter

"Upaya yang dilakukan TNI dalam hal ini Korem 152/Babullah yaitu mengerahkan personel, kendaraan, untuk evakuasi warga yang berdampak banjir, mendirikan tenda pengungsian di Kecamatan Kao Barat sebagai tempat pengungsian serta membantu pendistribusian logistik kepada warga yang mengungsi dikoordinir oleh BPBD,” katanya menerangkan.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X