Jadi Calon Tunggal, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan Hadapi Tantangan Berat Sebagai Kapolri

- 16 Januari 2021, 06:15 WIB
Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo minta doa restu dan dukungan agar pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan yang dijadwalkan pekan depan dapat berjalan dengan baik. /Antara/ Galih Pradipta

PIKIRAN RAKYAT - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa purna pada 1 Februari 2021 mendatang.

Penunjukannya ini tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) bernomor: R02/Pres/01/2021 dan disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, Rabu 13 Januari 2021 lalu.

Salah satu Guru Besar Ilmu Hukum di Universitas Borobudur, Faisal Santiago menyebutkan bahwa Komjen Listyo akan menghadapi tantangan besar setelah menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Baca Juga: Dilarang Pelukan di Liga Inggris, Manajer Manchester City Tak Bantah

“Tantangannya 3 tahun kedepan sangat berat, mulai memasuki pemilu, Pilkada serentak tahun 2023-2024, lintas agama sekarang juga lagi perlu perhatian. Saya pikir dia sosok yang tegas untuk hal itu,” ujar Faisal Santiago.

Menurut Faisal, Listyo merupakan sosok yang pantas untuk menjadi pemimpin di Korps Bhayangkara. Listyo punya prestasi yang bagus dan tidak ada hal-hal negatif yang mencoreng namanya.

Sebagaimana diberitakan Potensibisnis.com dalam artikel, "Tantangan Berat Listyo Sebagai Calon Tunggal Kapolri", apalagi kata Faisal, Listyo punya kedekatan dengan Jokowi, dari Wali Kota Solo sampai Ajudan Presiden.

Baca Juga: Bencana Dunia, Buat Pemilihan Presiden Barcelona Resmi Ditunda

"Secara chemistry juga ada kedekatannya dengan Pak Jokowi, dari Walikota Solo sampai ajudan Presiden," katanya.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Potensi Bisnis


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X