Mamuju dan Majene Sulawesi Barat Diguncang Gempa Kuat, Kemensos Salurkan Bantuan Rp1,7 Miliar

- 15 Januari 2021, 21:00 WIB
Persiapan tim gabungan Basarnas dan TNI terbang ke Sulawesi Barat. /Pikiran Rakyat/Aldiro

PIKIRAN RAKYAT - Kabar duka kembali datang di Bumi Pertiwi usai beberapa bencana terjadi di beberapa penjuru negeri antara lain gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, hingga longsor di Sumedang Jawa Barat.

Sementara itu, pesawat herkules milik TNI AU pada Jumat 15 Januari 2021 terbang ke Sulawesi Barat guna mengirimkan bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp1.7 miliar melalui Bandara Halim Perdana Kusuma.

Bantuan untuk bencana alam tersebut dikawal langsung oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam M Safii Nasution menaiki pesawat herkules, sebelumnya Mensos Tri Rismaharini bersama Kepala Badan Nasional Pengendalian Bencana (BNPB) juga bertolak ke Sulawesi Barat.

Baca Juga: Tiba-tiba Beri Peringatan Soal 'Keselamatan' Mensos Risma, Hidayat Nur Wahid: Agar Tak Terulang

Dalam keterangan tertulis yang diterima Pikiran-Rakyat.com Jumat 15 Januari 2021 malam WIB, Safii Nasution menjelaskan bahwa bantuan tersebut terdiri dari bantuan logistik tanggap darurat pusat sebesar Rp979.819.710, bantuan logistik gudang regional timur senilai Rp621.911.700 serta santunan ahli waris bagi delapan korban yang telah teridentifikasi sebesar 120 juta rupiah.

Lebih lanjut Safii menuturkan bahwa bantuan yang disalurkan tersebut berupa makanan siap saji hingga keperluan lainnya.

"Bantuan ini diwujudkan makanan siap saji, makanan anak, tenda gulung, matras, peralatan keluarga, tenda serbaguna dan keperluan lainnya,” tutur Safii Nasution di Sulawesi Barat, Jumat 15 Januari 2021 siang.

Baca Juga: Kalimantan Selatan Terendam Banjir, Presiden Jokowi Pantau Perkembangan Bencana di Tanah Air

Adapun bantuan yang diserahkan oleh Kemensos antara lain 2500 paket makanan siap saji, 1200 paket makanan anak, 500 tenda gulung, 1000 matras, 700 lembar selimut, 200 paket peralatan dapur.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X