Tangani Korban Banjir Kalsel Juga Korban Gempa Mamuju, Basarnas Segera Kirimkan Peralatan SAR

- 15 Januari 2021, 20:26 WIB
Banjir di Kalimantan Selatan. /Dok. BNPB

PIKIRAN RAKYAT - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya Bagus Puruhito besok akan meninjau sekaligus mengirimkan alat SAR untuk penanganan korban banjir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan evakuasi korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat pada Sabtu, 16 Januari 2021.

Marsekal Madya Bagus Puruhito saat memberikan keterangan pers di Dermaga 2 JICT Tanjung Priok Jakarta, Jumat, 15 Januari 2021, menyatakan bahwa Besok Panglima TNI dan dirinya akan ke Kalimantan Selatan juga Mamuju dengan membawa keperluan yang dibutuhkan.

Bagus menyampaikan bahwa peralatan yang dibawa nanti itu, di antaranya peralatan untuk mendukung operasi SAR, mulai dari perahu karet dan alat pendukung lainnya.

Baca Juga: Cela Tindakan Raffi Ahmad yang Berpesta Usai Divaksin, Azis Syamsuddin: Sangat Tidak Terpuji

Selain itu, untuk bencana gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, tim SAR gabungan sudah turun dan melaksanakan estrikasi atau mencari korban yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Sebagaimana diketahui bahwa wilayah Mamuju pada Kamis, 14 januari 2021 siang sekitar pukul 13.35 WIB diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 5,9 SR.

Akan tetapi pada Jumat, 15 Januari 2021 pukul 1.28 WIB, disusul lagi dengan gempa berkekuatan lebih besar menggucang Mamuju. BMKG mencatat gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 6,2 SR.

Baca Juga: Mayoritas Klub Liga 1 Ingin Mulai Musim Baru 2021, Dirut PT LIB: Semua Bergantung Izin Polisi

Sementara itu, operasi SAR di Sulawesi Barat itu juga didukung tim SAR dari Balikpapan, Makassar dan tim dari Palu. Sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X