Banjir Merendam Kalimantan Selatan, Air Menggenangi Rumah Warga hingga Akses ke Bandara

- 15 Januari 2021, 19:49 WIB
Banjir di Kalimantan Selatan. /Dok. BNPB

PIKIRAN RAKYAT - Bencana banjir menimpa Kalimantan Selatan dan menggenangi wilayah tersebut akibat cuaca ekstrem, dan dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan bahwa sebanyak 5.753 rumah serta setidaknya sebanyak 19.871 jiwa terdampak banjir.

Selain menggenang pemukiman warga, banjir di Kalimantan Selatan juga menggenangi akses jalan utama masuk ke Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan hingga tak dapat dilewati pengendara kendaraan pada Jumat 15 Januari 2021.

Atas banjir di akses jalan utama masuk Bandara tersebut, Kasat Lantas Polres Banjarbaru Iptu Riyanda Putra Utama mengimbau masyarakat yang akan menuju ke Bandara dapat melalui jalan alternatif.

Baca Juga: Casing CVR dan Beacon Sudah Ditemukan, Penyelam Kini Fokus Cari Memori yang Disebut Tahan Benturan

“Jadi bagi masyarakat yang ingin ke Bandara bisa melalui jalan alternatif di bandara lama Jalan Angkasa menuju Jalan Kasturi,” tutur Kasat Lantas Polres Banjarbaru Iptu Riyanda Putra Utama, Jumat 15 Januari 2021.

Diketahui, kondisi air di Kawasan Guntung Damar di Kelurahan Guntung Payung yang menjadi akses utama menuju Bandara dari arah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan itu dikabarkan meninggi di beberapa titik, mencapai 50 Cm, dengan arus yang deras juga sangat membahayakan pengendara yang nekat melintas.

Lebih lanjut dilaporkan bahwa derasnya air juga menyebabkan jalan terkikis hingga hancur, sehingga sangat membahayakan pengendara yang melintas.

Baca Juga: Gempa Kuat Mengguncang, Sejumlah Petugas dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Mamuju Luka-luka

"Sisi jalan yang amblas sudah diberi tanda oleh petugas terkait agar masyarakat mengetahuinya dan lebih berhati-hati,” tutur Riyanda Putra, seperti dilaporkan Antara.
Untuk diketahui, curah hujan dengan intensitas tinggi yang terus terjadi dalam sepekan terakhir sehingga menyebabkan banjir di Kota Banjarbaru.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X