Vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Anies Baswedan: Jaga Prokes, Jangan Hanya Lindungi Diri Sendiri

- 15 Januari 2021, 12:16 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat memberikan keterangan mengenai program vaksinasi di daerahnya di pelataran Balaikota, Jumat, 14 Januari 2021. /Pikiran Rakyat/Amir Faisol

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar vaksinasi Covid-19 sejak Kamis 14 Januari 2021 kemarin.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan, saat ini tingkat efikasi vaksin Sinovac yang digunakan untuk vaksinasi nasional adalah sekitar 65 persen.

Dengan begitu, kata dia, akan ada 65 persen warga yang akan terbangun imunitasnya lantaran sudah divaksin. Sementara, kata dia ada 35 persen warga yang berpotensi terpapar Covid-19.

Baca Juga: Donald Trump Angkat Kaki dari Gedung Putih, Serahkan Tugas Presiden pada Mike Pence

Menurutnya, walaupun yang terpapar ini gejalanya lebih ringan karena sudah menerima vaksin, namun tetap berpotensi memaparkan virus Corona ke orang lain.

Karenanya, Anies menyarankan masyarakat yang nantinya sudah divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Penting untuk menjaga prokes. Yang dipikirkan bukan saja tidak terpapar tapi bagaimana tidak memaparkan ke orang lain. Ini adalah sikap bertanggung jawab. Yang kita jalankan. Kami pesankan bagi semua yang mendapatkan vaksin. Jangan kemudian merasa hanya persoalan melindungi diri sendiri," kata Anies Baswedan saat membuka vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta di pelataran Balai Kota, Jumat, 15 Januari 2021.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Kacamata yang Dipilih Bisa Ungkap Kepribadianmu Sebenarnya

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, dalam program vaksinasi ini ada sebanyak 1948 vaksinator yang akan bertugas di lapangan.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X