Gempa Bumi Guncang Majene Sulawesi Barat, Bangunan Rusak dan Ada Korban

- 14 Januari 2021, 20:05 WIB
Potret bangunan rusak akibat gempa magnitudo 5.9 di Mamuju Sulawesi Barat. /Dok.BNPB

PIKIRAN RAKYAT - Gempa bumi kembali terjadi di Bumi Pertiwi tepatnya di wilayah Mamuju, Sulawesi Barat pada Kamis 14 Januari 2021 pukul 13.35 WIB. Atas gempa bumi Magnitudo 5.9 tersebut, dua rumah warga Mamuju mengalami kerusakan.

Dari laporan sementara disebutkan bahwa satu unit Barak Sabhara Polda Sulawesi Barat mengalami kerusakan, sebanyak satu orang mengalami luka-luka, serta dikabarkan telah mendapatkan perawatan medis.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene melaporkan bahwa warga sekitar merasakan guncangan yang kuat selama sekira tiga detik, dan membuat masyarakat setempat panik atas kejadian tersebut serta lari keluar rumah.

Baca Juga: Setuju Disuntik Vaksin, Risa Saraswati: Lebih Mengerikan Covid-19 daripada Hantu

Dalam keterangan yang diterima Pikiran-Rakyat.com pada Kamis 14 Januari 2021 sore WIB, usai terjadinya gempa, BPBD Kabupaten Majene melakukan koordinasi dengan perangkat kecamatan dan desa, ihwal dampak dari gempa. Adapun Tim Reaksi Cepat BPBD setempat masih melakukan pendataan terkait dampak gempa.

Di samping itu, hal serupa juga dilaporkan oleh BPBD Kabupaten Polewali Mandar yang menyebutkan bahwa gempa kuat sekira tiga detik telah terjadi dan dirasakan oleh masyarakat setempat.

Masyarakat yang panik lantas pergi keluar rumah guna menghindari dampak buruk dari gempa bumi yang terjadi tersebut.

Baca Juga: Liverpool vs Man Utd, The Reds Krisis Pemain Jelang Laga

Dilaporkan bahwa gempa dengan kedalaman 10 Km itu tidak memicu terjadinya tsunami.
Sementara itu, melihat analisis peta guncangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa M5,9 memicu kekuatan guncangan IV MMI di Mamuju, III – IV MMI di Majene, Mamuju Utara, Majuju Tengah, III MMI di Toraja, Mamasa, II – III MMI di Pinrang, Pare-pare, Wajo, Polewali Mandar, Tanah Grogot, II MMI di Balikpapan.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X