Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Ditunjuk Jokowi Jadi Calon Tunggal Pengganti Kapolri Idham Azis

- 13 Januari 2021, 14:26 WIB
KABARESKRIM Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan terkait tersangka penyiraman penyidik senior KPK Novel Baswedan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 27 Desember 2019.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – Akhirnya Presiden RI Joko Widodo menunjuk satu nama untuk  menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Kabar tersebut disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rabu, 13 Januari 2021 di Gedung DPR RI.

Surat Presiden untuk Kapolri Baru akan disampaikan langsung oleh Mensesneg Pratikno pada Rabu, 13 Januari 2021, yang menyatakan jika Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal penggati Kapolri.

“Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” kata Puan seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News.

Baca Juga: Pedulilindungi.id, Cara Cek Nama Penerima Vaksin Covid-19

Komjen Pol Listyo Sigit merupakan calon tunggal yang dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR sebagai mitra kerja Polri.

Setelah uji kepatutan dan kelayakan, Komjen Pol Listyo Sigit akan menjalani proses pengesahan pada paripurna DPR, kemudian dilanjutkan pelantikan sebagai Kapolri di Istana Negara.

Baca Juga: Cuaca Tidak Kondusif, Penyelaman untuk Operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182 Ditunda

Usai menjalankan tugas terakhirnya, Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun. Jenderal Idham Azis pernah menjabat Kapolda Metro dan Kabareskrim. Dia menjabat sebagai Kapolri pada 1 November 2019 dan pensiun pada Februari 2021.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: PMJ News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X