30 Juta Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Terpuruk, Sandiaga Uno: Harus Segera Dibantu

- 27 Desember 2020, 17:03 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengenakan jaket 'menteri baru' di Istana Negara, Selasa, 22 Desember 2020.*
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengenakan jaket 'menteri baru' di Istana Negara, Selasa, 22 Desember 2020.* /Instagram.com/@sekretariat.kabinet

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak dialog seluruh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kotamadya seluruh Nusantara guna membahas percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dalam diskusi yang dilakukan secara virtual pada Sabtu 26 Desember 2020, sebagai langkah percepatan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan arahan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang menekankan sektor ekonomi kreatif harus bisa menjadi lokomotif dalam penciptaan lapangan kerja.

Baca Juga: Bolehkan Calon Suaminya Poligami, Kalina Ocktaranny Minta Hal Ini ke Vicky Prasetyo

"Kita mendata ada 30 juta pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk, mulai dari informal, hingga pelaku usaha mikro dan besar sangat terdampak dan harus segera dibantu," katanya.

Lebih lanjut, menurutnya percepatan kinerja sektor pariwisata juga harus dilakukan terhadap desa wisata, wisata religi, wisata halal, dan berbagai program yang menyentuh langsung terhadap masyarakat.

"Tugas ini adalah amanat yang berat, tapi akan ringan apabila kita kerjakan bersama. Hari ini adalah sebuah langkah awal, gerak kita menjalankan arahan Presiden dan Wakil Presiden," ujar Sandiaga Uno, seperti dilaporkan Antara.

Baca Juga: Arsenal Ingin Perkuat Sektor Sayap, Sudah Tandai Pemain Asal Jerman pada Bursa Transfer

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno menuturkan bahwa merujuk pada hal tersebut, percepatan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ditegaskan lewat penerapan tiga platform yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network