Selain Sinovac, Vaksin Pfizer dan Astra Zeneca Juga akan Masuk Indonesia pada Kuartal II 2021

- 24 Desember 2020, 19:04 WIB
Vaksin Pfizer /Antara News


PIKIRAN RAKYAT
- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut beberapa vaksin Covid-19 selain dari Sinovac rencananya akan masuk Indonesia pada kuartal II tahun 2021.

"Pemerintah sudah mengirim Letter of Interest dan sedang dalam proses negosiasi,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam bincang-bincang daring Outlook 2021 di Jakarta, Kamis, 24 Desember 2020, seperti dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara.

Dia menyebutkan adapun vaksin yang akan masuk pada kuartal II tahun 2021 diantaranya Astra Zeneca, vaksin dari program Covax dan Pfizer.

Baca Juga: Dr. Tirta Bocorkan Hasil Pertemuan Relawan Covid-19 dan Menkes Budi Gunadi: Harapan Baru

"Dari Covax, pemerintah juga sudah ada komitmen 10 persen, jadi ini sedang dikejar mengenai waktu. Tentu dari segi dana, pengadaan dan akses sudah disiapkan seluruhnya oleh pemerintah,” ujar Menko Airlangga yang juga Ketua Tim Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) itu.

Program Covax merupakan program yang salah satunya dipimpin oleh aliansi vaksin global GAVI.

Menko Airlangga berharap komitmen penyediaan vaksin Covid-19 itu bisa ditingkatkan menjadi 20 persen dari jumlah penduduk.

Baca Juga: Sebut Peredaran Narkotika Kategori Kejahatan Luar Biasa, Polisi: Tak Perlu Ragu Beri Hukuman Mati

“Ada komitmen dari GAVI. GAVI juga menyiapkan untuk 10 persen dari jumlah penduduk dan bisa ditingkatkan menjadi 20 persen, yang utamanya untuk pemulihan pandemi dan ekonomi. Game changer-nya adalah vaksinasi dan vaksinasi ini menjadi prioritas bagi pemerintah,” kata Menko Airlangga.

Dalam kesempatan itu, dia menambahkan pemerintah juga sudah mendapatkan akses terhadap vaksin lain yakni Moderna.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X