Impor Beras Dihentikan, Ridwan Kamil Waspadai Jawa Barat Krisis Pangan Tahun 2021

- 3 Desember 2020, 20:36 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah pandemi Covid-19, Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat mengungkapkan bahwa Provinsi tersebut akan mengalami krisis pangan di tahun 2021 mendatang.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara, krisis pangan yang diperkirakan oleh Ridwan Kamil itu terjadi lanataran adanya penutupan impor dari negara pengekspor beras, di antaranya Vietnam dan Thailand.

Ridwan Kamil menyebut kedua negara tersebut telah menutup impur sejak semester dua tahun 2020, seiring merebaknya virus corona.

Baca Juga: Minta Pemerintah Panggil Dubes Inggris Terkait Benny Wenda, Bamsoet Ingin Pastikan Posisi

"Jadi intinya ada potensi krisis pangan di tahun depan, maka semua pihak harus bersemangat menjadikan pangan sebagai ekonomi baru, terutama saya mengajak orang kota kembali ke desa, tanah (yang ditanam) nanti disiapkan," ungkap Emil, pada Kamis, 3 Desember 2020.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan bahwa Pemprov Jawa Barat akan selalu waspada terhadap kondisi paling buruk.

Untuk menanggulanginya, Pemprov Jawa Barat akan menggelar West Java Invesment Summit (WJIS) di bidang pertanian pada 10 Desmber 2020.

Baca Juga: BI Tetapkan Suku Bunga Acuan akan Tetap Rendah, Gubernur BI: Sampai Tanda Inflasi Meningkat

Upaya tersebut untuk mendorong pemerintah melakukan swasembada pangan.

Halaman:

Editor: Nopsi Marga

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X