Wujudkan Kemandirian Farmasi, Pemerintah Dukung Inisiatif Swasta Produksi Vaksin

- 24 November 2020, 19:43 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko saat menghadiri groundbreaking pembangunan pabrik vaksin PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio) di Kawasan Industri Cikande, Serang, Banten. /Dok. Satgas Covid-19

PIKIRAN RAKYAT – Vaksin Covid-19 menjadi andalan berakhir pandemi. Sejumlah negara berlomba melakukan penelitian untuk bisa menemukan vaksin Covid-19.

Bukan hanya soal mememukan, jumlah produksi dari vaksin juga menjadi sorotan mengingat jumlahnya tentunya harus mencukupi.

Mencukupi bukan hanya bagi kalangan tertentu, tapi juga mampu mencukupi bagi seluruh kalangan, seluruh negara yang miskin ataupun yang kaya. Jumlahnya harus bisa memenuhi.

Baca Juga: Aniaya Remaja Hingga Meninggal Dunia, Lima Anak Berandalan Bermotor Ditangkap, Tujuh Masih Dikejar

Terkait vaksin Covid-19, pemerintah Indonesia sendiri terus berupaya mewujudkan kemandirian dalam bidang farmasi, terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Terlebih, keinginan tersebut sudah tertuang dalam Instruksi Presiden, nomor 6 tahun 2016, tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.

Oleh karena itu, Pemerintah mendukung penuh upaya berbagai pihak termasuk swasta dalam terkait kemandirian dalam bidang farmasi.

“Pembangunan pabrik vaksin yang dilakukan oleh swasta ini untuk memperkuat Industri vaksin yang sudah dibangun oleh BUMN Biofarma sejak lama dan menjadi kebanggaan Indonesia di pasar global.

Baca Juga: Jokowi Minta Libur Panjang Cuti Bersama Dikurangi, Bamsoet: Pemerintah Hati-Hati

Ini harus kita siapkan sebagai langkah preventif dalam global public health emergency,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko saat menghadiri groundbreaking pembangunan pabrik vaksin PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio) di Kawasan Industri Cikande, Serang, Banten, Selasa 24 November 2020.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X