Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Umumnya cerah, 27.1 ° C

4 Ribu Titik Jalan Masih Gelap, Rawan Tindak Kriminal

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI penerangan jalan umum.*/DOK. PR
ILUSTRASI penerangan jalan umum.*/DOK. PR

SERANG,(PR).- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang telah melakukan studi lapangan mengenai kebutuhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayahnya. Hasilnya Dishub mencatat hingga saat ini masih ada sekitar 4.000 titik jalan yang belum terpasang PJU. Kondisi itu memang bisa mengundang tindak kriminal.

Kepala Dishub Kabupaten Serang, Hedi Tahap mengatakan, berdasarkan hasil studi di lapangan‎ hingga saat ini ada sekitar 4.000 titik jalan yang belum ada PJU.

Sebenarnya, lanjut dia, pemasasangan PJU ini tidak ada henti-hentinya dilakukan oleh Dishub Kabupaten Serang. Karena pajak‎ PJU masuk kepada pemerintah daerah (Pemda). "‎Kalau didata DED studi yang kemarin masih belum valid, kita masih sekitar 12.000 (titik jalan masih gelap), tapi sudah kita penuhi sekitar 8.000, jadi ada sekitar 4.000 (sisanya). Mungkin studi itu sudah usang, suatu saat kita studi lagi," ujarnya, Senin 21 Oktober 2019.

Hedi mengatakan, terkait dengan pemasangan PJU tahun ini pihaknya memiliki‎ target sekitar 747  titik. Namun sampai dengan oktober ini baru terpasang sekitar 50 persen. "‎Yang 50 persennya insya Allah selesai sebelum Desember. Di samping memang ada yang pekerjaan PL (penunjungan langsung), kita juga ada lelang PJU sebesar Rp 600 juta, itu di pusat Puspemkab Serang. Ini juga insya Allah ditargetkan bisa selesai secepatnya," ucapnya.

Hedi menjelaskan, untuk Puspemkab Serang ada sebanyak 33 titik PJU yang dipasang. Terutama di lintasan akses menuju Polres Kabupaten Serang. Lelang PJU tersebut saat ini sudah ada pemenangnya. "Sebarannya semua  di jalan kecamatan dan pedesaan. Pemasangan ini berdasarkan usulan masyarakat, kita survei, kita penuhi, sifatnya pemerataan," katanya kepada wartawan Kabar Banten, Dindin Hasanudin.***

Bagikan: