Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Umumnya cerah, 23.4 ° C

Prabowo-Sandiaga Sudah Hadir untuk Saksikan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Vebertina Manihuruk
PRABOWO Subianto dan Sandiaga Uno.*/ANTARAFOTO
PRABOWO Subianto dan Sandiaga Uno.*/ANTARAFOTO

JAKARTA, (PR).- Mantan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tampak sudah hadir di kompleks MPR/DPR Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019. Keduanya hadir untuk menyaksikan pelantikan Presiden dan Wapres terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo- Ma'ruf Amin.

Prabowo-Sandi datang ke gedung parlemen secara bersama-sama dengan menumpang satu kendaraan Alphard berwarna putih. Keduanya tiba sekitar pukul 13.05 WIB dengan mengenakan pakaian jas lengkap, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Keduanya pun langsung masuk ke gedung Nusantara III, tanpa memberikan pernyataan kepada wartawan. Berdasarkan pantauan, hingga pukul 13.00 WIB sejumlah tamu undangan sudah mulai ramai hadir di kompleks parlemen, seperti para kepala daerah.

PASPAMPRES melakukan sterilisasi dengan anjing pelacak jelang pelantikan Presiden dan Wapres masa jabatan 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.*/ANTARA FOTO

Sejak pagi hari, ruas jalan di depan gedung DPR/DPD/MPR RI di Jalan Gatot Subroto telah steril atau ditutup buat kendaraan bermotor dan juga warga. Penutupan jalan dimulai dari persimpangan Jalan Gatot Subroto menuju Jalan Pemuda, Senayan.

Pembatasan jalan dilakukan menggunakan blok-blok semen dan water barrier yang disusun memanjang hingga menutup akses masuk pejalan kaki serta pengendara sepeda. Sebuah kendaraan taktis milik TNI, yaitu Panser Anoa, juga terlihat disiagakan di bawah jalan layak Ladogi.

Akses jalan itu hanya boleh dilintasi oleh anggota keamanan dari TNI dan Polri. Awak awak media juga dibatasi hanya boleh sampai Pulo Dua.

Pengamanan VVIP layaknya di Istana Negara

HELIKOPTER kepresidenan terparkir jelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.*/ANTARA FOTO

Di sepanjang jalan menuju pintu gerbang gedung DPR/MPR, personel TNI dan Polri berjaga-jaga di sejumlah titik. Mereka membentuk sebuah kelompok kecil yang berkumpul di setiasp titik berjarak beberapa meter.

Pengamanan itu tidak seperti pengamanan pelantikan DPR, MPR dan DPD RI pada 1 Oktober 2019. Saat itu, warga maupun pedagang masih diperbolehkan melintas.

Menurut salah satu anggota TNI, pengamanan yang dilakukan sudah sesuai SOP sekelas pengamanan presiden. "Karena ini dihadiri tamu-tamu negara, jadi standarnya sudah seperti ini, pengamanan VVIP," kata anggota TNI yang tidak ingin disebutkan namanya.

Pengamanan itu, kata dia, untuk mengantisipasi adanya penyusup yang akan mengganggu jalannya pelantikan. "Karena ada tamu negara, kegiatan kenegaraan harus diamankan semaksimal mungkin, pengamanan berlaku sama kayak di Istana," katanya.***

Bagikan: