Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 19.1 ° C

Pemkot Pastikan Akan Bangun Flyover

Tim Pikiran Rakyat
FOTO ilustrasi flyover.*/ANTARA
FOTO ilustrasi flyover.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Pemerintah Kota Serang memastikan akan membangun flyover pada perlintasan rel kereta api yang sempat menjadi kendala pembangunan frontage Kaligandu-Unyur. Kepastian itu menyusul adanya rapat koordinasi dan peninjauan lapangan oleh Dirjen Keselamatan Perkeretaapian dan Pemkot Serang pada Rabu 9 Oktober 2019.

Kasubdit rekayasa dan keselamatan pada Dirjen keselamatan dan perkeretaapian Prayudi mengatakan, pihaknya akan memberikan izin perlintasan sementara pada perlintasan kereta api yang akan berlaku selama dua tahun. Dalam waktu itu, Pemkot harus menyiapkan pembangunan flyover atau underpass pada perlintasan sebidang. 

"Perlintasan sementara berlaku sampai dua tahun, nanti perlintasan sementara itu habis, maka pemerintah daerah wajib membuat flyover atau underpass agar tidak lagi ada perlintasan sebidang," kata Prayudi usai melakukan peninjauan lapangan di frontage Kaligandu-Unyur. 

Menurutnya, larangan untuk memberikan izin perlintasan sebidang sesuai dengan amanat undang-undang. Namun, untuk persiapan pembangunan flyover atau underpass bisa diberikan izin perlintasan sementara. Sehingga, perlintasan liar selain dari perlintasan yang diizinkan akan ditutup dan ditata kembali. 

"Yang tadi liar akan kita tutup, jadi yang akan kita pakai perlintasan sementara ini, kita tutup kita tata," ucap dia. 

Dua tahun

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, pihaknya sudah sangat menunggu momentum tersebut. Hal itu agar pembangunan frontage yang dibangun menggunakan APBD tahun 2015 pada masa Wali Kota sebelumnya Tubagus Kaherul Jaman bisa segera dimanfaatkan. Kemudian, sesuai dengan izin yang diterima, dalam kurun waktu dua tahun Pemkot akan segera menyiapkan pembangunan flyover. 

"Dalam waktu dua tahun ini kami akan membuat perencanaan, kemudian pada tahun 2021 kami akan membuat fly over," kata Syafrudin yang didampingi Kepala Dishub Kota Serang Maman Lutfi dan Kepala DPU Kota Serang M Ridwan. 

Perlintasan sementara, ucap dia, akan segera disiapkan dan ditargetkan pada minggu ini bisa digunakan. Hal itu setelah persyaratan-persyaratan izinnya sudah terpenuhi semua. "Saya kira secepatnya, kalau bisa pada minggu ini sudah kita gunakan," ucap dia. 

Kepala DPU Kota Serang M Ridwan menyatakan, diakhir tahun 2019 ini pihaknya akan segera menyusun Detail Enginering Design (DED) flyover. Namun, hal itu harus dengan izin dari Dirjen perhubungan. 

"Kita targetnya 2019 selesai, tapi kan kita harus punya profilnya dari sana, bener gak ini desainnya, sesuai gak dengan rel kereta," katanya. 

Untuk anggaran pembangun flyover sendiri, ujar dia, pihaknya akan mencari opsi paling efisien, tapi diperkirakan kan mencapai angka Rp 20-30 miliar. "Kita nanti akan cari yang efiein kurang lebih Rp 20 miliar, tapi kalau kita ingin maksimal di angka Rp 30 miliaran," ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho.***

Bagikan: