Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Indonesia Jalin Perjanjian Bebas Visa dengan 87 Negara

Huminca Sinaga
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

YOGYAKARTA, (PR).- Indonesia saat ini telah memiliki Perjanjian Bebas Visa Diplomatik dan Dinas (PBVDD) dengan 87 negara, dan diharapkan jumlah tersebut akan bertambah. 

Selain itu, penyempurnaan e-aplikasi exit permit menjadi Versi 2.0 juga bagian dari peningkatan kualitas pelayanan publik di Kementerian Luar Negeri. Hal itu  disampaikan  Direktur Konsuler, Prasetyo Hadi, dalam pembukaan kegiatan Sosialisasi PBVDD dan aplikasi Exit Permit Versi 2.0 bagi seluruh Kementerian/Lembaga di Yogjakarta, 19-22 September 2019.

Lebih lanjut disampaikan bahwa melalui kegiatan sosialisasi tersebut, diharapkan agar Kementerian dan Lembaga di Indonesia memperoleh pembaharuan informasi mengenai status visa jenis diplomatik dan dinas dari negara yang akan dikunjungi, dan prosedur maupun syarat untuk memperoleh exit permit sehingga dapat melakukan antisipasi waktu pengajuan permohonannya.

Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Duta Besar Andri Hadi, dalam sambutannya antara lain mengatakan, sebagai unit yang menyelenggarakan pelayanan publik, Direktorat Konsuler memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Namun demikian, diharapkan bahwa kementerian dan lembaga lainnya juga tak melakukan kesalahan saat  melakukan pengurusan dokumen perjalanan dengan mematuhi prosedur dan persyaratan yg berlaku. 

Sementara, Kementerian Luar Negeri secara berkala juga melakukan evaluasi atas PBVDD. Diharapkan jumlah negara yang menandatangani PBVDD dengan Indonesia dapat terus bertambah, sehingga akan semakin memudahkan lalu lintas perjalanan WNI yang akan menjalankan tugas diplomatik dan dinas ke luar negeri.

Pada kesempatan tersebut, secara simbolis Dirjen Protkons menyerahkan brosur berisi Daftar Negara Bebas Visa Diplomatik dan Dinas bagi pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas , yang didalamnya juga memuat QR Code Daftar 87 Negara bebas visa PBVDD, Daftar 169 Negara Bebas Visa Kunjungan RI (BVK), Daftar negara asing yang memberikan Visa on Arrival (VOA) bagi pemegang paspor biasa RI, Daftar 8 negara yang membutuhkan calling visa dan Daftar berkas PBVDD. Dengan adanya QR Code tersebut, akan mempermudah peserta untuk mengakses data / informasi terkait visa yang diperlukan.

Rangkaian kegiatan diseminasi yaitu pada hari pertama diisi dengan paparan dan tanya jawab mengenai PBVDD dengan  narasumber Kasubdit Visa Diplomatik dan Dinas, dilanjutkan dengan materi Layanan Penerbitan Dokumen Direktorat Konsuler, termasuk Exit Permit Versi 2.0, oleh Kasubdit Paspor Diplomatik dan Dinas.

Sementara diseminasi informasi pada hari kedua dilakukan dalam format "One on One Clinic" (coaching clinics). Dalam hal ini, peserta berkesempatan untuk mengajukan berbagai pertanyaan mengenai berbagai permasalahan yang terkait dengan paspor maupun visa. 

Kegiatan Sosialisasi mendapat sambutan yang sangat positif dari kementerian dan lembaga lainnya. Tak kurang dari 200 peserta yang mewakili 90 kementerian dan instansi menghadiri kegiatan 2 hari tersebut.***

Bagikan: