Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Taman Baca Disiapkan di Tiap Kelurahan

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI minat baca.*/DOK. PR
ILUSTRASI minat baca.*/DOK. PR

SERANG, (PR).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana untuk membuat taman baca di setiap Kecamatan, Kelurahan dan taman rekreasi di Kota Serang. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Serang.

"Setiap kecamatan, kelurahan bahkan taman rekreasi harus disiapkan taman baca. Karena ini juga bagian dari mencerdaskan anak bangsa. Jadi kami, Pemkot Serang memudahkannya dengan membuatkan taman baca. Saya kira ini sangat membantu," kata Wali Kota Serang Syafrudin, Jumat 20 September 2019.

Selain taman baca, Pemkot juga akan membantu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Serang untuk membangun gedung baru. Karena sejauh ini kinerja yang dilakukan dinas terkait dipandang bagus dengan beberapa terobosan-terobosan program yang dinilai memiliki sisi kebermanfaatan cukup baik.

"Kami melihat kerja DKP itu cukup bagus karena punya terobosan baru. Apalagi terobosan  ke pemerintah  pusat untuk memperoleh bantuan guna membantu pembangunan DPK dan itu udah di respons oleh pemerintah pusat. Ini bagus karena pembangunan Perpustakaan salah satu cara mencerdaskan masyarakat Kota Serang," ujarnya.

Kurang layak

Ia juga mengatakan, gedung DKP Kota Serang yang ditempati saat ini kurang layak. Sehingga, kurang kondusif dan tidak memungkinkan untuk menampung anak-anak, maupun pengunjung. Bahkan, kata Syafrudin, gedung tersebut terbilang kumuh dan kurang representatif sebagai gedung perpusatakaan.

"Gedung perpustakaan untuk Kota Serang itu memang belum layak, tidak seperti Kabupaten Lebak yang mempunyai gedung perepuataka yang megah. Kalau Kota Serang ini kan masih numpang. Ini juga  gedung peninggalan, gedung serbaguna dewan dulunya," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Toyalis mengatakan, saat ini pihaknya bersama DKP Kota Serang telah bekerjasama dalam mengembangkan pojok literasi. Dengan menyentuh ke sejumlah sekolah, taman, dan kelurahan menggunakan mobil perpustakaan keliling.

"Iya, ini salah satu bentuk kerjasama kami dengan Dinas Perpustakaan. Jadi, tujuan kami itu adalah untuk menarik minat baca anak-anak. Maka dari itu, ada perpustakaan keliling. Buku-bukunya juga kan ada banyak disediain disana, jadi mereka bebas memilih buku bacaan," ujarnya.

Kemudian, tutur dia, kedepan baik DP3AKB maupun Dinas Sosial (Dinsos) akan bekerjasama dalam menangani anak jalanan yang ada di Kota Serang. "Kedepan nanti kami akan coba mengajak mereka (anak jalanan) untuk ikut membaca. Ini juga kan upaya kami dalam menanggulangi anak jalanan. Daripada mereka main dijalan, akan lebih baik kalau membaca di taman atau perpustakaan, lebih positif," tuturnya kepada wartawan Kabar Banten, Rizki Putri.***

Bagikan: