Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

HUT ke-74 TNI Akan Pecahkan Rekor MURI Penari Sajojo

Tim Pikiran Rakyat
FOTO ilustrasi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengikuti tarian sojojo asal Papua.*/ANTARA
FOTO ilustrasi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengikuti tarian sojojo asal Papua.*/ANTARA

CILEGON, (PR).- Sebanyak 4.000 penari sajojo akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Ini akan terjadi ketika para penari mengisi peringatan HUT ke-74 TNI, di Pelabuhan Indah Kiat Pulp and Papper (IKPP) Merak, 5 Oktober nanti.

Hal ini dibahas oleh Pemkot Cilegon, Polres Cilegon, Kodim 0623 Cilegon, dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten, di Ruang Rapat Wali Kota Cileogn, Jumat 20 September 2019.

Danlanal Banten Letkol (P) Golkariansyah mengatakan, para penari ini berasal dari sejumlah instansi terkait. “Pemecahan rekor muri ini akan melibatkan 4000 penari dari berbagai kalangan. Ada dari TNI, Polisi, ASN (Aparatur Sipil Negara), BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), swasta, pelajar, hingga organisasi kemasyarakatan,” katanya saat ditemui di Kantor Wali Kota Cilegon, Jumat 20 September 2019.

Menurut Danlanal, dipilihnya tari sajojo yang merupakan tarian adat Papua ini, sebagai upaya memperkokoh persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tarian ini, lanjut Danlanal, wajib dilestarikan dan diperkenalkan sebagai budaya nusantara. “Ini adalah tarian yang bisa memperkokoh persatuan bangsa,” ujarnya.

Danlanal juga mengatakan, acara yang sama juga akan dilaksanakan di sejumlah daerah di Indonesia. Di Indonesia bagian barat, akan dilaksanakan pada pukul 07.00, sementara Indonesia bagian tengah pukul 08.00, dan Indonesia bagian timur pukul 09.00. “Karena di Cilegon ini pesertanya mencapai 4000 penari, kemungkinan besar akan mendapatkan rekor Muri,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0623 Cilegon Letkol Arm Rico Sirait mengatakan, para penari akan melakukan latihan di Markas Komando Lanal Banten, Snein (23/9/2019). Kemudian pada Selasa (24/9/2019), akan digelar gelada bersih di Alun-alun Cilegon. “Diantara ribuan penari itu, ada juga dari PGRI, FORMI, juga organisasi-organisasi lain,” ucapnya kepada wartawan Kabar Banten, Sigit Angki Nugraha.***
 

Bagikan: