Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32 ° C

Lebaran Anak Yatim, Semua Jajanan dan Permainan Gratis

Tim Pikiran Rakyat

SEJUMLAH anak yatim bergembiran menikmati permainan dan berbagai jananan secara gratis.*/DOK. KABAR BANTEN
SEJUMLAH anak yatim bergembiran menikmati permainan dan berbagai jananan secara gratis.*/DOK. KABAR BANTEN

SERANG,(PR).- Sebanyak 1.043 orang anak yatim bersuka cita dalam acara lebaran anak yatim bersama Bupati Serang Ratu Taru Chasanah di lapangan tenis Indoor, Rabu 18 September 2019. Anak-anak tersebut diberikan berbagai jajanan hingga permainan gratis sejak pagi hari.

Hadir pada acara tersebut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, jajaran kepala OPD, para camat dari 29 kecamatan, Ketua BAZNAS Kabupaten Serang Wardi Muslich, Humas PT Indah Kiat Pulp and Paper Arif Mahdali, Direktur Harian Umum Kabar Banten Rachmat Ginanjar, dan Ketua Yatim Mandiri Banten Andi Setiadi. 

"Ini anak yatim 1.043 anak, dari pagi mereka dibiarkan main dan kita sediakan jajanan pada intinya anak yatim saya ingin mereka bahagia hari ini. Mereka bisa main, makan gratis," ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada Kabar Banten saat dijumpai setelah acara.

Tatu mengatakan, lebaran anak yatim merupakan agenda rutin yang dilakukan Pemkab Serang. Anggaranya tidak hanya bersumber dari APBD, namun sharing dari beberapa kepala OPD, perusahaan, kesra hingga BAZNAS. "Mudah- mudahan tahun depan bisa lebih banyak yang bisa ikut serta, sehingga bisa lebih banyak anak yang diundang," katanya.

Ia mengatakan, anak yatim yang datang ke lebaran tersebut diundang secara bergantian tiap tahunnya. Sehingga mereka yang belum pernah ikut bisa turut merasakan. 

Hak pendidikan

Dirinya berpesan kepada para pembimbing anak yatim agar mereka bisa selalu mendapatkan hak pendidikan. Sebab Pemkab sudah menyediakan program-prpgram agar anak-anak itu tidak putus sekolah hanya karena masalah dana. 

"Jadi di sini camat hadir dan ikut mantau saya harap bisa ikut komunikasi dengan yayasan di kecamatan, siapa yang punya persoalan dia bisa komunikasi dengan dindik. Untuk beasiswa mereka ini bisa masuk anak kurang mampu, atau ada yang berprestasi bisa ambil, ada penghafal Alquran jadi bisa diakseskan ke program yang ada," tuturnya.

Pada acara itu, orang nomor satu di Kabupaten Serang tersebut tampak larut dan haru. Bahkan saat membagikan santunan, ia sempat berkaca-kaca karena dipeluk erat oleh anak anak. "Ada beberapa anak peluk erat, dia merasa ada yang hilang jadi saya kebawa haru kebayang saya juga. Susah lepas kayanya, kebawalah (sedih) kami berharap apa yang dilakukan kami secara baik pribadi menjadi ibadah kami semua," katanya.

Asisten Daerah (Asda) 2 Pemkab Serang Ajat Gunawan mengatakan, pada acara tersebut anak yatim diberikan santunan berupa uang dan bingkisan. "Jadi gabungan dari BAZNAS, ASN, OPD, Pengusaha semua berkiprah," ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Dindin Hasanudin.

Ajat mengatakan, untuk pemilihan anak yatim yang diundang sendiri semua mekanisme diserahkan kepada kecamatan. Sebab pihak kecamatan lebih mengetahui tentang data anak yatim di wilayahnya.***
 

Bagikan: