Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Tahun 2020, TPP PNS Naik 25 Persen

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI tunjangan penghasilan PNS.*/ANTARA
ILUSTRASI tunjangan penghasilan PNS.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Serang akan naik sebesar 25 persen pada tahun 2020 mendatang. Meski demikian, TPP Kota Serang masih dianggap rendah dibandingkan PNS provinsi dan daerah lainnya. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi B Muhsinun mengatakan, jika dibandingkan PNS di Provinsi Banten, TPP Kota Serang saat ini masih jauh lebih rendah. "Kita masih kecil, jauh, mungkin pelaksana atau eselon IV di provinsi tinggi, eselon II di kota kalah," kata Ritadi, Selasa 17 September 2019.

Ia mengatakan, untuk eselon II di Kota Serang berada pada kisaran Rp 14 juta perbulan. Sedangkan dari informasi yang diterimanya, eselon IV di Provinsi Banten bisa mencapai Rp 20 juta. "Kalau di Kota Serang seperti saya masih Rp 14 juta, dan klasifikasi disini karena ada OPD yang beban kerjanya lebih, seperti BPKAD itu lebih besar daripada kita," ucap dia.

Menurutnya, rendahnya TPP Kota Serang akibat masih kecilnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Serang yang saat ini belum mencapai Rp 200 miliar. Jika kekuatan PAD Kota Serang lebih besar, dimungkinkan akan selaras dengan besaran TPP PNS. "Kalau TPP kan dibayarkan dari PAD, sedangkan PAD kita masih kecil, jadi ukurannya seperti itu makanya kita masih kecil," tuturnya kepada wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho. 

Meski demikian, ujar dia, hampir tidak ada ASN yang mengajukan pindah dengan alasan TPP yang kecil. Sejauh ini ASN yang mengajukan pindah lebih karena alasan mengikuti keluarga atau alasan lainnya diluar besaran TPP. "Karena mungkin domisili, kenyamanan juga diperhitungkan. Mungkin di Kita di Serang sudah merasa nyaman," tambahnya.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan menaikan TPP PNS di Lingkungan Pemkot Serang pada APBD tahun 2020 mendatang. TPP itu dianggarkan dari efisiensi anggaran rapat dan pertemuan luar kota.***

Bagikan: