Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Kinerja Bagus, ASN Golongan I, II, dan III Bisa Naik Pangkat

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI Aparatur Sipil Negara (ASN).*/DOK. PR
ILUSTRASI Aparatur Sipil Negara (ASN).*/DOK. PR

SERANG, (PR).- Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Serang mendapat kenaikan pangkat. Dari keseluruhan, mayoritas berasal dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Penyerahan pangkat itu dilakukan usai apel pagi di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang, Selasa 17 September 2019.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, kenaikan pangkat ini merupakan penghargaan atas loyalitas yang telah mereka berikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Ini juga dimaksudkan agar ASN dapat lebih meningkatkan kinerjanya. Terutama yang berada dalam bidang pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Jadi, ini merupakan penghargaan bagi ASN yang telah memenuhi syarat. Kalau sudah naik pangkat seperti ini, artinya setingkat lebih baik dari sebelumnya. Terutama dari segi pelayanan terhadap masyarakat, kemudian kinerjanya pun harus lebih baik lagi dari yang kemarin," ujarnya.

Sementara, Kepala BKPSDM Kota Serang Ritadi B Muhsinun menuturkan, dari 27 ASN tersebut terdiri dari golongan I, II, dan III. Pengangkatan ini merupakan penghargaan periodik dari tahun 2015 hingga 2019. "Iya, ini kenaikan pangkat atau penghargaan bagi para ASN, penghargaan ini juga bukan hak. Jadi periodik saja dari 2015 sampai 2019. Itu dilakukan empat tahun sekali untuk reguler," katanya.

Sesuai kritteria

Menurutnya, terdapat beberapa kriteria yang mempengaruhi adanya kenaikan pangkat tersebut. Seperti penilaian kinerja, Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), dan penilaian langsung oleh pimpinan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari tahapan-tahapan itulah muncul nama ASN yang mendapat penghargaan serta dinilai layak untuk kenaikan pangkat.

"Tentu ada penilaiannya, ada penilaian kinerja, ada juga penilaian langsung dari pimpinan, yang melakukan penilaian terhadap anak buahnya, hingga patut diberikan penghargaan kenaikan pangkat. Itu juga tentu membutuhkan waktu dan proses," ucapnya.

Mengenai kualitas, Ritadi menjelaskan, idealnya tiap ASN memiliki jenjang pendidikan yang tinggi. Misalnya, hingga Strata satu (S1) atau Strata dua (S2), seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Serang. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

"Itu kan memang idealnya seperti itu. Karena dalam melakukan peningkatan pelayanan, pegawai pemerintahan harus ditunjang oleh SDM yang baik. Mulai dari segi pendidikan, ya baik dari S1 atau S2 itu," katanya.

Ia juga mengatakan, bagi ASN yang sudah memiliki gelar S2, secara otomatis akan diangkat menjadi ASN golongan IV/a. "Kalau ASN yang sudah punya S2, sudah pasti akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi IV/a. Meskipun memang tidak memegang jabatan langsung," ujarnya.

Saat ini, kata dia, jumlah ASN yang telah menempuh jenjang pendidikan hingga S2, baru 45 persen. "Untuk ASN yang sudah berpendidikan jenjang S2 itu sudah kisaran 45 persen. Karena rata-rata di Kelurahan maupun semua OPD, itu sudah bergelar S2," ucapnya kepada wartawan Kabar Banten, Rizki Putri.***

Bagikan: