Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Cerah berawan, 29.6 ° C

Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie, Presiden Pertama yang Dikebumikan di TMP Kalibata

Yusuf Wijanarko
PRESIDEN Joko Widodo selaku inspektur upacara meletakkan karangan bunga di makam BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September 2019.*/ANTARA
PRESIDEN Joko Widodo selaku inspektur upacara meletakkan karangan bunga di makam BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September 2019.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 12 September 2019. Jokowi mengenakan jas hitam berkemeja putih lengkap dengan dasi merah dan peci hitam.

Penanduan peti jenazah BJ Habibie yang diselimuti bendera Indonesia diiringi oleh pasukan TNI. Antara melaporkan, liang lahat BJ Habibie berada di sebelah makam mendiang istrinya, Ainun Habibie, di slot 120-121.

"Almarhum sejak muda telah menjadi tokoh yang visioner. Pada masa mudanya, almarhum tidak hanya berpikir dirinya sendiri, tapi sudah memikirkan tentang bangsa Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya.

Menurut Jokowi, BJ Habibie berjasa besar bagi bangsa dan negara dengan meletakkan dan menguatkan pondasi dasar Indonesia. "Almarhum tanpa kenal lelah terus mengingatkan kita semua untuk menjadi manusia-manusia terbaik bagi Indonesia, menjadi manusia-manusia yang berhati Indonesia," ujar Jokowi.

BJ Habibie merupakan presiden Indonesia pertama yang dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

PRESIDEN Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberi hormat saat tiba untuk memimpin prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September 2019.*/ANTARA

PRAJURIT TNI berjaga di samping peti jenazah BJ Habibie saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September 2019.*/ANTARA

Pemakaman BJ habibie berbeda halnya dengan pemakaman Presiden Indonesia sebelumnya yakni Soekarno, Soeharto, dan Abdurrahman Wahid. Mereka tidak dimakamkan di TMP Kalibata tetapi di tempat kelahiran maupun di tempat pemakaman keluarga masing-masing.

Sukarno yang meninggal 21 Juni 197 dimakamkan di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan, Blitar. Soeharto yang tutup usia pada 27 Januari 2008 dimakamkan di Astana Giribangun di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Solo.

Setahun setelahnya, Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang meninggal dunia pada tanggal 30 Desember 2009 dikebumikan di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang.

Megawati dan SBY

Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri dan presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri upacara pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September 2019.

Megawati hadir didampingi putrinya, Puan Maharani. Sementara  SBY berjalan memasuki kompleks pamakaman bersama Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla yang diikuti mantan Wapres Try Sutrisno dan Boediono serta para tokoh lainnya.

SBY dan Jusuf Kalla menghadiri pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September 2019.*/ANTARA

Tampak pula, ibu negara ke-3 Indonesia Shinta Nuriyah bersama putrinya, Yenny Wahid, berjalan bersama rombongan tamu lainnya.

Putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono berjalan lebih awal bersama dengan istrinya.

Rombongan pengiring jenazah BJ Habibie tiba di TMP Kalibata sekira pukul 13.45 WIB, kemudian berjalan menuju lokasi pemakaman yang sudah disiapkan.

Presiden Jokowi berada di antara rombongan pengiring jenazah BJ Habibie. Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman.

Warga panjat tembok

Sejumlah warga nekat memanjat tembok monumen gerbang Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata untuk menyaksikan pemakaman BJ Habibie.

Warga yang tadinya berkumpul di area parkir nekat mendekat untuk melihat peti jenazah. Dengan ponsel di tangan, warga mengabadikan setiap detik proses pengantaran jenazah dari area parkir menuju pintu masuk pemakaman.

PASPAMPRES mengusung peti jenazah BJ Habibie menuju liang lahat saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis 12 Sepmtember 2019).*/ANTARA

Pembatasan yang dilakukan oleh aparat keamanan membuat warga mencari jalan sendiri untuk mengabadikan kenangan terakhir dari BJ Habibie tesebut. Kaum ibu, anak-anak, dan remaja sibuk mengambil gambar menggunakan ponsel.

Padatnya kerumuman warga membuat sejumlah warga memanjat tembok monumen Kalibata untuk mendapatkan posisi tertinggi untuk menyaksiksan prosesi pemakaman. Saat jenazah mulai masuk gerbang, warga bergerak mendekat ke arah gerbang tetapi dihalangi Paspampres.

Suara tembakan salvo dari upacara militer di pemakaman sempat mengagetkan warga, tetapi warga bergeming tetap mengambil gambar dan bertahlil mengiringi peti jenazah yang dibawa masuk oleh personel TNI menuju area pemakaman.

"Bodo amat dengan Paspampres, warga mau lihat aja tidak boleh," kata salah seorang warga yang kecewa karena dihalangi Paspampres.***

Bagikan: