Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya berawan, 20.2 ° C

BJ Habibie Meninggal, Parepare Jadikan Rumah Presiden ke-3 Indonesia sebagai Museum

Yusuf Wijanarko
BJ Habibie berbincang dengan Menteri Perdagangan dan Industri Finlandia Esko Ollila tentang helikopter dan pesawat CN235 hasil produksi pabrik Industri Pesawat Terbang Nurtanio dalam suatu pertemuan di Gedung BPP Teknologi Jakarta, 26 Januari 1983.*/ANTARA
BJ Habibie berbincang dengan Menteri Perdagangan dan Industri Finlandia Esko Ollila tentang helikopter dan pesawat CN235 hasil produksi pabrik Industri Pesawat Terbang Nurtanio dalam suatu pertemuan di Gedung BPP Teknologi Jakarta, 26 Januari 1983.*/ANTARA

MAKASSAR, (PR).- Pemerintah Kota Parepare, Sulawesi Selatan akan menjadikan rumah kelahiran presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie menjadi salah satu museum bersejarah untuk mengenang jasa-jasanya.

“Saya pernah menyampaikan kepada beliau (BJ Habibie) dan dia menantang saya. Dia mengatakan, saya tantang kamu Taufan untuk membuat museum tapi di rumah kelahiran saya," kenang Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, Rabu 11 September 2019.

Mendengar kabar duka wafatnya BJ Habibie, dia menyampaikan rasa duka mendalam dan turut berbelasungkawa.

"Kami masyarakat di sini merasa sangat kehilangan sosok kharismatik seperti beliau. Dia adalah bapak bangsa yang patut mendapatkan kehormatan. Selamat jalan Pak, engkau adalah teladan bagi kami semua," ujarnya kepada Antara.

PETI jenazah presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie digotong menuju ambulans di Rumah Jenazah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu 11 September 2019. BJ Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSPAD.*/ANTARA

Dia juga masih mengenang kala bertemu BJ Habibie ketika mengunjungi Parepare dan menyempatkan diri berkunjung ke rumahnya serta berpesan agar tempat itu dijadikan museum.

"Karena kalau beliau ke Parepare, pasti menyempatkan ke rumah itu," ujar Taufan Pawe.

Taufan Pawe mengatakan, rencana pembangunan Museum BJ Habibie telah mendapat respons positif dari Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah dan akan terus diproses sampai selesai.

Taman BJ Habibie

Selain itu, Taufan Pawe menuturkan, sebelumnya rumah tempat kelahiran BJ Habibie tersebut sudah menjadi aset Kementerian BUMN. Namun, dia bersama BJ Habibie menyempatkan bertemu pihak BUMN untuk mengurus rencana tersebut.

"Saya bersama Bapak BJ Habibie dan manajemen BNI (BUMN) sempat bertemu. Dan pihak BNI mengiyakan. Rencana ini sempat terkendala karena masalah anggaran. Tetapi alhamdulillah, karena ini sudah menjadi aset daerah, 2020 kami mulai membangun museum ini," tuturnya.

Selain Museum BJ Habibie, Pemerintah Kota Parepare juga berencana membuat Taman BJ Habibie, rencana ini bertujuan untuk menjadikan BJ Habibie sebagai bapak edukasi dan inspirasi bangsa.

"Kami akan membuat Taman BJ Habibie sebagai bagian dari upaya mengedukasi anak-anak zaman sekarang. Bapak BJ Habibie juga bilang ke saya jenis pesawat apa yang pantas dibangun di atas taman itu," katanya mengenang.***

Bagikan: