Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Sebagian cerah, 28.5 ° C

Merapi Lima Kali Luncurkan Lava Pijar, Jarak 3 Kilometer Tidak Aman

Wilujeng Kharisma
null
null

YOGYAKARTA, (PR).- Gunung Merapi kembali meluncurkan guguran lava pijar ke arah Kali Gendol selama periode Minggu hingga Senin, 8-9 September 2019 pagi pukul 06.00 WIB. 

Dari pos pengamatan Merapi tercatat Suhu rata-rata di lereng Merapi berkisar antara 11 hingga 17 derajat Celcius. Kecepatan angin sendiri cenderung perlahan, dengan arah ke timur.

Dikutip dari laman BPPTKG, guguran lava pijar meluncur sejauh 500-950 meter ke arah hulu Kali Gendol. Saat ini status gunung yang berada di perbatasan empat kabupaten tersebut masih Level II atau Waspada.

Sebelumnya pada  Jumat (6/9/2019)  Merapi terpantau satu kali mengeluarkan guguran lava. Guguran meluncur sejauh 700 meter ke arah hulu Kali Gendol. 

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.Sehubungan semakin jauhnya jarak luncur awan panas guguran Merapi, BPPTKG mengimbau warga yang tinggal di kawasan alur Kali Gendol meningkatkan kewaspadaan. 

Masyarakat juga diminta tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi atau kantor BPPTKG, atau melalui media sosial BPPTKG.***

Bagikan: