Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sebagian berawan, 20.5 ° C

Buntut Ricuh Suporter di GBK, Imam Nahrawi Temui Menpora Malaysia

Endah Asih Lestari
MENPORA Imam Nahrawi.*/DOK PR
MENPORA Imam Nahrawi.*/DOK PR

JAKARTA, (PR).- Menpora RI Imam Nahrawi akan bertemu dengan Menpora Malaysia Syed Saddiq di Jakarta, Jumat, 6 September 2019 pagi. Seperti dilansir Kantor Berita Antara, hal itu dilakukan untuk merespons insiden kericuhan saat Indonesia kalah dari Malaysia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta,  Kamis, 5 September 2019 malam.

Kekalahan Indonesia itu lantas menyebabkan kericuhan di dalam dan luar stadion. Oknum suporter Indonesia membuat ulah yang membuat pertandingan sempat dihentikan selama sekitar 10 menit di babak kedua.

Seperti diberitakan Pikiran Rakyat, sejak awal pertandingan, suporter Indonesia yang berada di sektor Selatan memang sudah membuat ulah. Mereka membuat koreografi 3D dengan bertuliskan kata merendahkan.

Seakan tidak puas, saat jeda pertandingan babak pertama, suporter Indonesia yang berada di tribun atas melempari suporter Malaysia yang duduk di tribun bawah mereka, sebelah kanan Kelas I dan media, dengan botol minum kemasan.

Puncaknya, lima menit setelah Malaysia mampu menyamai kedudukan Indonesia menjadi 2-2 di menit ke-66. Ada tiga oknum suporter Indonesia yang langsung masuk ke dalam area lapangan dengan meloncat pagar pembatas. Ketiganya berlari ke arah suporter Malaysia duduk seakan mau menyerang. Petugas pun dengan sigap langsung mengamankan suporter tersebut dan mengeluarkan dari lapangan pertandingan.

Aksi tersebut memicu suporter lain yang berada di tribun Selatan dan Utara juga masuk ke dalam lapangan. Dari tribun atas pun ada yang melempatkan flare ke arah suporter Malaysia. Pertandingan pun dihentikan sementara. Pemain Indonesia bahkan mendatangi para suporter untuk meminta mereka berhenti. Tapi itu tidak diindahkan mereka.

Aksi berangsur mereda setelah petugas memperketat pengamanan di depan tribun suporter Malaysia duduk. Pertandingan yang tertunda sekitar 10-15 menit itu pun dilanjutkan.

Hingga pertandingan berakhir pun, Menpora Malaysia yang turut menonton di tribun penonton harus terjebak di dalam stadion bersama para pendukung Timnas Malaysia.

Untuk merespons hal tersebut, Menpora Imam Nahrawi pun ikut turun tangan dengan menemui Menpora Malaysia untuk meminta maaf secara langsung yang rencannya dilakukan di salah satu hotel di seputaran Gelora Bung Karno Senayan.***

Bagikan: