Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Umumnya berawan, 20.1 ° C

Golkar Menunjuk Endang, PKS Ajukan Uyyun, Gerindra Lebih Percaya Sokhidin

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI calon pimpinan DPRD.*/ANTARA
ILUSTRASI calon pimpinan DPRD.*/ANTARA

CILEGON, (PR).- DPD Partai Golkar Kota Cilegon baru saja menunjuk Endang Effendi sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon sementara. Namun DPW PKS Banten dan DPD Partai Gerindra, telah menunjuk kadernya untuk menduduki unsur pimpinan secara tetap di DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024. 

Kader PKS yang dimandatkan untuk duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon adalah Nurrotul Uyyun, sementara dari Partai Gerindra adalah Sokhidin. 

Ketua DPD PKS Kota Cilegon Abdul Ghoffar membenarkan hal tersebut. Namun pihaknya belum mendapatkan surat keputusan resmi dari DPW PKS Banten. "Iya, Bu Uyun yang jadi wakil," katanya, Senin 2 September 2019.

Menurut Ghoffar, Uyyun adalah nama yang disetujui DPW PKS Banten, setelah DPD PKS Cilegon melayangkan sejumlah nama untuk menjadi kandidat Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon. "Kami usulkan nama-nama, kemudian DPW yang menentukan. Hasilnya, Bu Uyyun yang terpilih," ujarnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Cilegon Babay Suhemi, juga membenarkan jika DPD Partai Gerindra Banten menunjuk Sokhidin sebagai Wakil Ketua DPRD Cilegon. Berbeda dengan Uyyun, partai tersebut telah memberikan SK untuk Sokhidin. “Pak Sokhidin telah menerima SK untuk menjadi wakil ketua Dewan," tutur Babay kepada wartawan Kabar Banten, Sigit Angki Nugraha.
 
Meskipun Sokhidin baru pertama kali menjadi anggota Dewan, namun menurut Babay, partai memandang Sokhidin mampu memangku amanat tersebut. “Kalau di Gerindra itu, keputusan pimpinan partai adalah mutlak. Untuk keputusan tingkat kota itu, memang hak prerogratif DPD Gerindra Banten," ucap Babay. 

Sekretaris DPD II Golkar Cilegon Sutisna Abbas mengatakan, Golkar telah menunjuk Endang sebagai Ketua DPRD Cilegon sementara. Bahwa dalam penentuan Ketua DPRD Kota Cilegon sebenarnya ada tiga nama yang diusulkan ke DPP Golkar yakni Endang Effendi, Isro Mi’raj dan Subhie S Mahad. 

“Rapat yang kami lakukan adalah sesuai dengan juklak dari DPD I Banten. Kemarin kami sudah mengadakan rapat pleno pengurus harian DPD II Cilegon, ditambah dewan penasihat, ditambah dengan ketua-ketua PK, ditambah lagi dengan calon legislatif yang terpilih,” katanya.***

Bagikan: