Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Umumnya berawan, 20.1 ° C

Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PKS Berebut Pimpinan DPRD

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI calon pimpinan DPRD.*/ANTARA
ILUSTRASI calon pimpinan DPRD.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Empat partai politik yang berpotensi mendapatkan kursi pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang sudah menyiapkan kandidat yang akan menduduki kursi pimpinan DPRD Kota Serang. 

Keempat partai itu yakni Gerindra, Golkar, Nasdem dan PKS. Hal itu berdasarkan kursi yang diraih pada Pemilu 2019 lalu, dimana Gerindra berhasil mendapatkan tujuh kursi dengan total suara 61.125 suara mengungguli Golkar ditempat ke dua yang sama-sama meraih tujuh kursi dengan total suara 52.252 suara. Kemudian Nasdem mendapatkan enam kursi dan disusl PKS yang meraih lima kursi. 

Ketua DPC Gerindra Kota Serang yang juga kandidat terkuat pimpinan DPRD Kota Serang Budi Rustandi mengatakan, ada proses yang harus dilalui sesuai ketentuan partai. Ia sendiri merupakan peraih suara tertinggi dengan 7.983 suara di Dapil Kasemen. "Ada proses pengajuan dari DPC ke DPD. Kemudian di DPD disaring lebih dahulu sebelum diusulkan ke DPP,” kata Budi, Senin 26 Agustus 2019.

Tidak jumawa

Ia sendiri tidak mau jumawa meskipun namanya menjadi kandidat terkuat yang akan menduduki kursi pimpinan. Ia lebih meniatkan diri untuk membesarkan partai. 

"Saya hanya fokus berikhtiar membesarkan partai. Apalagi, Ketua DPD (Gerindra Banten-red) Pak Haji Desmond selalu menyampaikan kepada kita untuk fokus membesarkan partai dan memperjuangkan rakyat sebagaimana visi Gerindra,” tuturnya. 

Dari partai Golkar, tiga nama sudah diusulkan ke DPP partai berlogo beringin itu. Hal itu sesuai dengan ketentuan partai yang mengharuskan minimal mengajukan tiga nama. Ketiga nama itu yakni Ratu Ria Maryana, Madbuang dan Wida Ampiani. Meski demikian, kandidat terkuat dipegang oleh ketua DPD Golkar Kota Serang Ratu Ria Maryana. 

"Ada beberapa syarat (bukan suara terbanyak), sebetulnya yang tiga itu untuk mamatuhi ketentuan saja diusulkan tiga orang sekurang-kurangnya, kandidat kuat harus pimpinan (ketua) kita hanya mengusulkan sesuai ketentuan saja tiga orang," kata Sekretaris DPD Golkar Kota Serang TB Ikhwan Subhi. 

Keputusan pusat

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Kota Serang Roni Alfanto mengatakan masih menunggu keputusan dari pusat untuk menentukan sosok yang mengisi kursi pimpinan DPRD Kota Serang. Surat rekomendasi itu dilayangkan oleh DPW Nasdem Provinsi Banten. 

"Yang menilai kan wilayah (DPW Provinsi) lalu mereka merekom ke DPP,” ujarnya. 

Ia juga mengaku tidak mau mendahului keputusan partai meskipun namanya disebut menjadi kandidat terkuat mengisi kursi pimpinan tersebut. Yang pasti, ucap dia, siapapun yang mengisinya harus mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat. 

"Yang pasti juga mampu memperjuangkan aspirasi rakyat yang sejalan dengan visi partai," ucapnya. 

Hal sama juga disampaikan ketua DPD PKS Kota Serang Hasan Basri, menurutnya sesuai ketentuan partai kursi pimpinan diajukan DPW kepada DPP PKS. Saat ini, keputusan DPP tersebut belum keluar. Namun, ia meyakini dalam waktu dekat akan segera keluar.  "Kalau kualifikasi semuanya memenuhi kualifikasi," kata dia. 

Kemudian, terkait isu bahwa dirinya merupakan kandidat terkuat. Ia mengatakan tidak mau mendahului keputusan. Tetapi, pada intinya PKS ingin berbuat yang terbaik bagi masyarakat. "Mungkin normatifnya partai lain juga mengajukan ketua partai, jadi orang melihat itu, tapi kita lihat saja nanti yang pasti kita ingin yng terbaik," ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho.***

Bagikan: