Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20 ° C

Dr Aqua Dwipayana Sharing di IKWI PWI Pusat dan KONI Pusat Dengan Ratusan Peserta Dari Seluruh Indonesia

Erwin Kustiman
null
null

JAKARTA, (PR).- Agenda sharing Komunikasi dan Motivasi pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana tetap padat. Minggu ini ada dua sesi di Jakarta dengan ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Diawali pada hari ini, Selasa (27/8/2019). Motivator internasional itu sharing Komunikasi dan Motivasi di acara musyawarah Nasional  (Munas) ke-9 dan Ulang tahun Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) ke-58 yang akan berlangsung 27-29 Agustus 2019 di Swiss-Belhotel Serpong, Tangerang Selatan. Dihadiri sekitar 200 orang dari seluruh Indonesia.

Dr Aqua menyampaikan materi yang berjudul Mengoptimalkan Jejaring dan Menangkap Berbagai Peluang untuk Kegiatan Produktif Bagi Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Wartawan. Bapak dua anak itu tampil setelah Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari memberi Pengarahan dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani beri Sambutan.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu dalam paparannya akan memberikan tips  bagaimana membangun jejaring untuk meningkatkan kesejahteraan. Tidak hanya sekedar kiat dan strategi, tapi Dr Aqua akan berbagi pengalamannya sehingga sukses memperbanyak relasi baik di dalam negeri maupun di mancanegara.

"Saya akan berbagi pengetahuan, wawasan, ilmu dan pengalaman Kepada seluruh peserta Munas dan Ulang Tahun IKWI yang hadir. Dari mereka rencananya saya belajar tentang banyak hal," ungkap Dr Aqua kepada Pikiran Rakyat Online.

Selama puluhan tahun mantan Wartawan di banyak media itu aktif melaksanakan silaturahim ke banyak orang tanpa melihat latar belakang orang yang ditemui. Hasilnya dahsyat dan luar biasa. Temannya banyak sekali, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Silaturahim Terjaga dengan Baik

Hebatnya silaturahim dengan teman-temannya terjaga dengan baik. Mereka yang sebagian tergabung dalam Komunitas Komunikasi Jari Tangan selalu disapanya setiap hari lewat berbagai tulisan.

Selain itu setiap berkunjung ke satu Daerah atau negara, Dr Aqua seoptimal mungkin silaturahim ke teman-temannya. Jika agendanya padat sehingga tidak memungkinkan melakukan itu, dia akan kontak mereka lewat telefon atau WA. Itu salah satu upaya menjaga silaturahim dengan kawan-kawannya.

Sebagaimana diketahui IKWI merupakan organisasi sayap PWI yang beranggotakan wartawan anggota PWI dan istri-istri wartawan anggota PWI.  IKWI diharapkan mampu menjadi organisasi yang mampu melengkapi dan menyempurnakan program-program PWI. 

IKWI memiliki visi Terbangunnya hubungan kekeluargaan dan kesetiakawanan keluarga Pers Indonesia dengan dilandasi semangat nilai-nilai Pancasla dan UUD 45. Sedangkan misinya adalah Membina kemampuan dan keterampilan anggota sebagai warga negara dan ibu bangsa yang mampu menjadi teladan masyarakat. Menjalin hubungan dan kebersamaan dengan instansi pemerintah dan non pemerintah serta organisasi wanita lainnya. Membina kesejahteraan lahir dan batin keluarga IKWI untuk ikut menunjang jajaran Pers dalam melaksanakan misinya. Dan turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan Hari Pers Nasional.

IKWI sebagai organisasi sosial pada mulanya dibentuk di daerah-daerah dengan tujuan mempererat kekeluargaan dan persatuan untuk mengusahakan perbaikan nasib dan kesejahteraan keluarga wartawan dengan meningkatkan pengetahuan dan pendidikan.

Daerah yang pertama kali mendirikan organisasi adalah Semarang pada 23 Maret 1958 dengan nama Ikatan Isteri Wartawan. Pada  23 Juni berdiri di Jakarta dengan nama Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI). 

Selanjutnya berturut-turut berdiri IKWI di Yogyakarta pada 26 Desember 1960, di Solo 10 Mei 1960, Medan 11 Juni 1960, Makasar 10 Mei 1961, Surabaya 27 Juni 1961, Bandung 27 Juni 1961 dan di Banjarmasin 10 Juni 1961. Kemudian atas prakarsa IKWI Jakarta diadakan pertemuan besar IKWI seluruh Indonesia pada 18 sampai 20 Juli 1961 yang dihadiri kesembilan daerah IKWI tersebut. Lalu 19 Juli dibentuk Pengurus Pusat IKWI serta menyusun Anggaran Dasar. 

Memperkuat Komunikasi KONI

Sementara Rabu pagi (28/8/2019) besok di Hotel Borobudur Jakarta, Dr Aqua diagendakan sharing Komunikasi dan Motivasi dengan sekitar 200 pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, KONI Provinsi dan pengurus Cabang Olahraga. Acaranya adalah Workshop dengan tema Terobosan Strategis KONI Pusat 2019 - 2023 Menuju Kemandirian. Pelaksanaannya selama dua hari, Rabu dan Kamis lusa.

Dr Aqua yang berbicara seusai Marciano memberi sambutan akan menyampaikan materinya yang berjudul Bersinergi Mendukung KONI untuk Menghasilkan Atlit Berprestasi di Tingkat Dunia. Doktor dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung itu akan menekankan tentang pentingnya memperkuat komunikasi dan sinergi antara KONI Pusat dengan KONI daerah dan semua Cabang Olahraga.

Kegiatan itu adalah pertemuan secara lengkap setelah Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman melantik jajarannya pada 1 Agustus 2019. Sebulan sebelumnya tepatnya  2 Juli 2019 Marciano terpilih sebagai Ketua Umum KONI Pusat dalam Musornas KONI yang dilaksanakan di Jakarta.

"Di bawah kepemimpinan Pak Marciano saya yakin olahraga di Tanah Air makin jaya dan tambah banyak atlit yang berprestasi di tingkat dunia. Tidak kalah pentingnya niat baik beliau untuk mempersatukan bangsa lewat Olahraga bisa terwujud," pungkas Dr Aqua yang telah memotivasi ratusan ribu orang di seluruh Indonesia dan puluhan negara. ***

Bagikan: