Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 31.1 ° C

Merasa Berpengalaman, Anggota Dewan Lama Tidak Ikuti Latihan

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI rencana pelantikan anggota DPRD.*/ANTARA
ILUSTRASI rencana pelantikan anggota DPRD.*/ANTARA

PANDEGLANG, (PR).- Pada pelantikan pengambilan sumpah anggota DPRD terpilih, sejumlah wajah baru mampu mengimbangi wajah lama, bahkan diisi oleh kaum muda-mudi. Hal itu diketahui saat persiapan pengambilan sumpah anggota dewan terpilih di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pandeglang.

Sekretaris dewan, Entis Sutisna mengatakan, sejumlah wajah baru mengisi setengah anggota dewan saat pelantikan. Bahkan, anggota dewan wajah baru tersebut didominasi dengan usia yang masih tergolong muda. Sementara dari jumlah seluruh dewan terpilih yang harus dilantik, terdapat satu orang yang tidak bisa mengikuti pengambilan sumpah, karena sedang melaksanakan ibadah haji.

“Untuk dewan yang dilantik fifty-fifty antara dewan baru dengan dewan yang lama, yang baru juga muda-muda lagi. Yang dilantik sekarang ini ada 50 orang, dikurangi satu orang sedang melaksanakan ibadah haji,” ucap Sekretaris Dewan kepada Kabar Banten, MInggu 25 Agustus 2019.

Ia mengatakan, ratusan undangan sudah disebarkan untuk acara pelantikan anggota dewan tersebut. Mulai dari tokoh masyarakat hingga organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan.

“Sebanyak 600 undangan telah disebar, mulai dari toko masyarakat, organisasi kemasyarakatan, anggota DPRD itu sendiri beserta keluarganya, kemudian juga perguruan tinggi, pejabat pemerintah yang ada di kabupaten Pandeglang maupun yang di luar Pandeglang,” katanya.

Menurutnya, pada saat gladi resik, hanya diikuti oleh sejumlah anggota dewan terpilih yang baru. Karena, anggota dewan yang lama sudah berpengalaman dan sudah pernah, sehingga banyak yang tidak hadir dalam acara latihan. Akan tetapi, dirinya mengaku sudah memberi informasi kepada seluruh anggota dewan yang akan dilantik.

“Kaitan dengan yang ikut latihan hanya anggota dewan yang baru, sebetulnya sudah kita kasih tahu juga kepada anggota dewan yang lama. Mungkin mereka beranggapan bahwa sudah tahu, sudah tahu cara-caranya, kalau saya kan setwan baru jadi tidak tahu. Kalau memang dikasih tahu ya seharusnya hadir, tapi mungkin sudah pengalaman,” ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Ade Taufik.

Gladi resik untuk persiapan pengucapan sumpah, dirinya sudah berupaya semaksimal mungkin agar tidak ada kendala-kendala yang berarti berjalan sesuai dengan rencana. Agar anggota DPRD segera melaksanakan tugas, karena dikejar oleh waktu.

“Untuk tema sendiri mungkin anggota dewan yang baru untuk mendorong bidang hortikultura, karena mungkin kita daerah pertanian. Untuk kapasitas ruangan dipastikan cukup, karena yang sudah-sudah juga aman. Bahkan hari jadi Pandeglang saja sampai seribu, ini hanya 600-an kurang lebih. Pakai tenda di luar juga kita kan,” katanya.***

Bagikan: